ADVERTISEMENT

Ini Perbedaan Jenis Kurma Basah, Kering dan Segar

Riska Fitria - detikFood
Senin, 25 Apr 2022 07:00 WIB
Manfaat kurma
Foto: iStock
Jakarta -

Dilihat dari teksturnya, kurma memiliki tiga jenis. Ada kurma segar, kurma basah dan kurma kering. Apa perbedaanya?

Kurma merupakan buah yang kaya nutrisi. Selain nutrisinya, mengonsumsi kurma juga merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bahkan kurma disebut-sebut sebagai buah dari surga.

Tahukah kamu bahwa kurma memiliki banyak jenis. Jika dibedakan dari teksturnya, ada tiga jenis kurma yakni kurma segar, kurma basah dan kurma kering.

Sekilas mungkin terlihat sama, tetapi ketiga jenis kurma tersebut memiliki perbedaan. Selain pada teksturnya, perbedaan ada juga pada rasa dan nutrisinya.

Berikut perbedaan tiga jenis kurma berdasarkan teksturnya:

1. Kurma Basah

Manfaat kurmaKurma basah mengandung gula lebih banyakj Foto: iStock

Kurma basah merupakan jenis kurma yang disimpan beberapa hari terlebih dulu, baru kemudian dijual dan dikonsumsi. Jadi, kurma tersebut sudah matang tetapi disimpan terlebih dahulu.

Biasanya kurma disimpan 5 hari setelah dipetik. Selama waktu itu, kurma disimpan di dalam freezer untuk menjaga kelembapan dan memberhentikan proses memasak secara alami.

Kurma jenis ini mengandung sedikit air, sehingga bagian dalam buahnya masih terasa basah. Kurma basah juga lebih banyak mengandung gula. Dalam 100 gram kurma basah maupun kering mengandung 50-75 gram karbohidrat.

Namun untuk kandungan gula alami pada kurma basah lebih banyak. Dengan begitu, kurma basah cenderung akan membutuhkan banyak insulin agar bisa diserap tubuh.

Baca Juga: Resep Pembaca; Resep Cake Kurma Karamel yang Legit Lembut untuk Sajian Lebaran

2. Kurma Segar

Manfaat kurmaKurma segar memiliki kandungan kalori lebih sedikit Foto: iStock

Kurma segar adalah jenis kurma yang ketika dipetik langsung dijual. Kurma segar memiliki tekstur seperti kurma basah, tetapi sedikit lebih kering.

Selain itu, kurma segar memiliki cita rasa manis di awal tetapi pada aftertasenya terasa sepat. Kandungan kalori pada kurma segar lebih sedikit dibandingkan kurma kering.

Dalam 100 gram kurma segar mengandung 142 kalori, sementara kurma kering mengandung 284 kalori. Selain itu, kurma segar juga memiliki kandungan vitamin C lebih banyak daripada kurma kering.

Baca Juga: Masya Allah! Pria Ini Bagikan Kurma untuk Penumpang KRL Buka Puasa

3. Kurma Kering

Manfaat kurmaKurma kering memiliki kandungan air lebih sedikit Foto: iStock

Kurma kering merupakan jenis kurma yang banyak ditemui di pasaran. Sesuai dengan namanya, jenis kurma ini memiliki tekstur yang kering karena kadar air di dalamnya sedikit.

Kurma kering memiliki citarasa manis. Dalam 100 gram kurma kering memiliki nutrisi berupa 0,6 gram lemak, 2,8 gram protein, 5 gram serat dan 76 gram karbohidrat.

Meskipun begitu, baik kurma segar, kurma basah dan kurma kering sama-sama kaya akan serat. Karenanya, kurma cocok dimakan saat sahur dan puasa untuk melancarkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Resep Pembaca: Resep Puding Roti Karamel Santan yang Legit Lembut untuk Takjil



Simak Video "Menjajal Kuliner Khas Makassar yang Jadi Favorit Pilot dan Pramugari"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT