Keren! Chef Gedung Putih Ini 'Sulap' KFC Jadi Chicken Cordon Bleu Mewah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Minggu, 24 Apr 2022 16:00 WIB
Keren! Chef Gedung Putih Ini Sulap KFC Jadi Chicken Cordon Bleu Mewah
Foto: TikTok Danny Kim
Jakarta -

Menu dari restoran cepat saji bisa dibuat selayaknya hidangan fine dining. Mantan chef Gedung Putih ini buktikan bisa menyulap menu-menu KFC jadi chicken cordon bleu nan mewah.

Ada banyak konten kuliner menarik di TikTok. Salah satunya diperkenalkan kreator Danny Kim. Ia kerap menantang chef dan para pencinta makanan lainnya untuk 'menyulap' menu restoran fast food (cepat saji) yang identik sebagai hidangan murah menjadi hidangan mewah.

Danny Kim bahkan meminta chef Andre Rush (20/9/2021) untuk membuat hidangan mewah berbahan KFC. Videonya begitu viral hingga sudah ditonton lebih dari 22,6 juta kali saat berita ini dibuat.

Tak lain karena sosok chef Rush juga terkenal. Ia adalah pensiunan Sersan Utama Angkatan Darat AS yang juga pernah menjabat sebagai chef Gedung Putih. Celebrity chef ini terkenal dengan bisepnya yang besar dan tubuhnya yang berotot.

Keren! Chef Gedung Putih Ini 'Sulap' KFC Jadi Chicken Cordon Bleu MewahChef Rush bersemangat mengubah menu KFC jadi chicken cordon bleu mewah. Foto: TikTok Danny Kim

Tampak chef Rush diberi Coca-cola, fried chicken sandwich, kentang goreng, dan paha ayam KFC oleh Danny Kim. "Ini adalah menu favorit Donald Trump," katanya di awal video.

Ia lalu beride membuat chicken cordon bleu dari semua menu KFC yang sudah didapat. Pertama, ia menyisihkan kulit ayam dan mengambil dagingnya saja untuk diiris tipis-tipis.

Sementara itu chef 48 tahun ini mengolah Coca-cola menjadi saus. Ia mencampurkannya dengan tumisan red onion dan lada hitam bubuk. Saus ini terus dimasak sampai mengental.

Chef Rush kemudian kembali ke adonan utama chicken cordon bleu. Ia menambahkan sejumlah bahan premium seperti keju lembaran, ham, prosciutto, hingga bacon. Barulah irisan ayam KFC ditambahkan di atasnya.

Keren! Chef Gedung Putih Ini 'Sulap' KFC Jadi Chicken Cordon Bleu MewahProses pembuatan adonan chicken cordon bleu dengan tumpukan keju, daging, hingga ayam goreng KFC. Foto: TikTok Danny Kim

"Ayo kita mulai menyusunnya. Buat sepipih mungkin," kata chef Rush saat menyusun isian chicken cordon bleu. Ia juga menambahkan irisan ayam dari fried chicken sandwich yang didapatnya. Sementara bun burger dan acar timun dari sandwich disisihkan.

Dengan cekatan, ia kembali mengolah saus chicken cordon bleu. Chef Rush terlihat menambahkan demi-glace sauce supaya lebih enak. "Tambahkan dan aduk-aduk," katanya.

Ia tak lupa mengolah kentang goreng KFC. Caranya dengan memasukkanya ke dalam panci bersama susu dan potongan bun burger.

Chef Rush balik ke adonan chicken cordon bleu dan mulai merekatkannya dengan plastic wrap hingga ketat. "Sekarang saya akan menaruhnya di freezer," ujarnya.

Memeriksa olahan kentangnya, chef Rush memasukkan adonan ini ke food processor. Ia juga menambahkan kuning telur mentah. Adonan ini dicetak dalam cetakan silinder.

Keren! Chef Gedung Putih Ini 'Sulap' KFC Jadi Chicken Cordon Bleu MewahChicken cordon bleu buatan chef Rush terlihat menggugah selera. Foto: TikTok Danny Kim

Terakhir, ia mengeluarkan chicken cordon bleu dari freezer. Chef Rush membalutnya dengan adonan telur dan melumurinya dengan tepung roti. Chicken cordon bleu digoreng hingga warnanya cokelat keemasan. Ia juga menggoreng kulit ayam yang disisihkan di awal tadi agar renyah kembali.

Setelah itu, ia memanggang chicken cordon bleu di oven sampai matang sempurna. Chef Rush menunjukkan layer per layer chicken cordon bleu yang terlihat menggugah selera.

Supaya menu KFC ini naik kelas, ia membuat plating yang menarik. Potongan chicken cordon bleu dipotong diagonal dan didirikan. Ia lantas menyajikannya dengan pelengkap seperti saus Coca-cola, saus berbahan acar mentimun dari burger, hingga kulit ayam yang garing renyah.

Keren! Chef Gedung Putih Ini 'Sulap' KFC Jadi Chicken Cordon Bleu MewahBegini KFC versi fine dining buatan chef Rush. Foto: TikTok Danny Kim

Tampilannya benar-benar seperti hidangan fine dining! Banyak netizen kagum dengan kreasinya ini. "Apakah dia mengubah Coca-cola menjadi saus?" tanya seorang netizen.

Tak sedikit dari mereka yang bercanda kalau harga makanan ini pasti jadi berkali-kali lipat lebih mahal karena kreativitas chef Rush. "Benar-benar terlihat enak," ujar netizen.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)