Kue Lebaran

3 Fakta Sagu Keju yang Manis Gurih, Kue Favorit Idul Fitri

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 22 Apr 2022 08:35 WIB
Sagu keju, kue favorit saat lebaran tiba. Terbuat dari campuran tepung sagu dan keju cheddar yang teksturnya lembut lumer di dalam mulut.
Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu kue kering yang menjadi primadona saat lebaran adalah sagu keju. Kue kering bertekstur renyah dengan rasa manis gurih ini memiliki fakta menarik.

Sagu keju merupakan kue kering yang identik dengan perayaan hari raya, seperti Idul Fitri. Kue berbahan dasar tepung sagu ini memiliki tekstur yang lembut dan meleleh di dalam mulut. Rasanya manis juga gurih dari keju yang diparut halus.

Sampai sekarang kue sagu keju masih menjadi andalan saat lebaran. Banyak ditawarkan oleh toko kue maupun eceran di pasar tradisional.

Beberapa fakta menarik sagu keju dibagikan oleh netizen bernama Laila Dimyati di Twitter miliknya @lailadimyati (5/4). Detikfood mendapatkan konfirmasi untuk memakai utasnya di Twitter sebagai bahan informasi sagu keju.

Baca Juga: Sedih! Gerai Nasi Kari 45 Tahun Ini Terpaksa Tutup karena Tak Punya Penerus

Berikut 3 fakta menarik tentang sagu keju.

1. Tepung yang Digunakan

Sagu keju, kue favorit saat lebaran tiba. Terbuat dari campuran tepung sagu dan keju cheddar yang teksturnya lembut lumer di dalam mulut.Sagu keju memakai jenis tepung sagu. Foto: Twitter @lailadimyati

Sesuai namanya, sagu keju sudah pasti berasal dari tepung sagu. Tapi banyak juga orang yang menggunakan tepung tapioka sebagai bahan dasarnya.

Dalam utasnya, Laila Dimyati mengatakan kalau untuk hasilnya lebih baik menggunakan tepung sagu. Namun, untuk pemula Laila menyarankan menggunakan tepung tapioka dulu. Setelah mengetahui jenis tepung yang tepat, Laila juga menjelaskan kalau harus disangrai 3 jam sebelum membuat sagu keju.

"Wajib menyangrai tepungnya. Gunanya, agar moisture content (kandungan air) si tepung berubah dari sekitar 10% menjadi 5%. Berat tepungnya akan susut 10%. Nyangrai 1 kg akan berakhir jadi 850-900 gram. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan resep," tulis Laila Dimyati.

Proses menyangrai tepung harus langsung di atas wajan dan dipanaskan menggunakan kompor. Tidak bisa menggunakan oven atau microwave. Karena menyangrai membutuhkan pengadukan agar semua bagian tepung hilang kandungan airnya.

Laila juga menyebutkan kalau dalam menyangrai tepung sagu harus menggunakan api kecil. Bisa juga dengan menambahkan seiris daun pandan agar aromanya harum. "Jika pandan mulai mengering dan tepung terasa ringan, matikan api," ujarnya.

Baca Juga: 5 Soft Cookies yang Lumer Legit Ini Cocok Buat Hampers Lebaran



Simak Video "Kastangel hingga Putri Salju Paling Banyak Diburu Jelang Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]