Efek Rapper Milli Makan Mango Sticky Rice di Coachella, Gerai Ini Diantre Panjang

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 21 Apr 2022 14:30 WIB
Efek Rapper Milli Makan Mango Sticky Rice di Coachella, Gerai Ini Diantre Panjang
Foto: Nicky Tanskul/Coconuts
Jakarta -

Rapper Milli asal Thailand bikin heboh usai makan mango sticky rice di panggung Coachella. Efeknya, gerai mango sticky rice di Thonglor, Bangkok ini diantre panjang.

Penampilan Milli di panggung Coachella (16/4/2022) jadi perbincangan karena aksinya ngemil mango sticky rice di atas panggung. Milli makan dessert kebanggaan negara asalnya itu sebelum menutup aksi panggungnya dengan menyanyikan lagu Sudpang.

Bukan hanya unik, aksi Milli ini ternyata jadi perbincangan banyak orang. Hal ini terbukti dengan pencarian 'mango sticky rice' yang trending di situs pencarian populer.

Efeknya juga terlihat langsung dimana gerai mango sticky rice di Thailand juga penuh antrean. Salah satunya dialami toko Mae Varee yang ada di Thonglor, Bangkok.

Mengutip Coconuts (20/4/2022), pemiliknya yang bernama Kob mengakui penjualan gerainya meningkat setelah Milli makan mango sticky rice di Coachella.

"Meski mangga kami selalu laris, namun setelah berita Milly makan mango sticky rice menyebar, kami menjadi makin laris lagi," kata Kob. Ia mengakui jumlah pembelinya bertambah 2 kali lipat.

Efek Rapper Milli Makan Mango Sticky Rice di Coachella, Gerai Ini Diantre PanjangGerai mangga di Bangkok ini ramai antrean setelah viral momen rapper Milli makan mango sticky rice di Coachella. Foto: Nicky Tanskul/Coconuts

Tokonya yang sudah berusia 80 tahun ini memang jadi salah satu spot favorit warga Bangkok untuk menikmati mango sticky rice. Ketika reporter Coconuts menyambangi gerainya di pojok BTS Thong Lo, terlihat 8 pegawai sibuk melayani mengemas ketan dan mangga ke dalam styrofoam.

Sementara di antrean terlihat pengunjung biasa dan para mitra pengantar makanan sabar menunggu giliran. Salah satu pengantar makanan mengatakan dirinya bahkan sudah 3 kali ke Mae Varee dalam sehari.

Pengantar makanan lainnya juga menimpali ia mendapat pesanan mango sticky rice setiap hari setelah potongan video Milli makan mango sticky rice viral. "Saya bisa datang ke sini dua atau tiga kali sehari," ujarnya.

Mengenai antusiasme pelanggan yang tinggi, Kab bahkan mengatakan antrean Grab sudah ada sejak pukul 6 pagi. "Mereka datang silih berganti hingga kami menutup toko pukul 10 malam," katanya.

Para mitra pengantar makanan menjelaskan kerap kali mereka tak dapat tip meski sudah menunggu antrean lama, namun biaya antar mereka sudah disesuaikan oleh aplikasi berdasarkan waktu tunggu. Akan ada biaya tambahan jika mereka semakin lama menunggu.

Kob menjual mango sticky rice dengan harga normal meski kini dessert Thailand itu tengah naik daun. Harganya THB 100-150 atau sekitar Rp 42 ribu hingga Rp 63 ribu. Ia juga menjual hanya mangga saja sebesar THB 60 (Rp 25 ribu).

Efek Rapper Milli Makan Mango Sticky Rice di Coachella, Gerai Ini Diantre PanjangPegawai sibuk menyiapkan mango sticky rice pesanan pelanggan. Foto: Nicky Tanskul/Coconuts

"Kami akan selalu menjual mango sticky rice dengan harga normal. Seperti saat ini kami mengemas 15 paket mango sticky rice untuk pesanan 1 pelanggan," ujarnya.

Mango sticky rice atau ketan mangga ini merupakan dessert tradisional Thailand yang popularitasnya mendunia. Dibuat dari beras ketan yang gurih, potongan mangga yang manis, dan siraman santan segar.

Mangga yang dipakai biasanya berjenis mangga kuning dengan rasa manis legit. Di Thailand, mangga dengan jenis "Nam Doc Mai" (mangga nektar bunga) atau jenis "ok-rong" paling sering digunakan.

(adr/odi)