ADVERTISEMENT

Apakah Susu Boleh Dihangatkan? Ini Penjelasannya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 21 Apr 2022 11:11 WIB
Penjelasan susu boleh dipanaskan ulang atau tidak
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Susu umum dikonsumsi karena memberikan sejumlah manfaat tubuh manusia. Biasanya dikonsumsi dalam suhu normal, bolehkah jika susu dihangatkan? Ini penjelasannya.

Susu merupakan minuman sehat yang mengandung protein dan kalsium tinggi. Minuman sehat yang populer ini umum dikonsumsi karena kandungannya yang menyehatkan. Bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan tulang, menyehatkan jantung, hingga mengoptimalkan fungsi otak.

Selain diminum langsung, susu juga kerap dicampurkan bersama semangkuk sereal atau racikan kopi yang nikmat. Biasanya dikonsumsi dalam suhu normal atau dingin.

Susu dikenal menjadi dua jenis yaitu susu hewani dan susu nabati. Susu hewani seperti susu sapi juga dibedakan jenisnya.

Penjelasan susu boleh dipanaskan ulang atau tidakPenjelasan susu boleh dipanaskan ulang atau tidak Foto: Getty Images/iStockphoto

Salah satunya ada susu UHT yang umum dikonsumsi oleh orang Indonesia. Susu UHT berasal dari susu mentah yang telah melalui proses pemanasan suhu tinggi (pasteurisasi). Fungsinya untuk membunuh bakteri-bakteri yang mudah berkembang pada susu.

Baca Juga: Dituduh Getok Harga Rp 500 Ribu untuk 7 Makanan, Ini Kata Pemilik Resto Usai Viral

Kali ini akan dibahas mengenai susu UHT yang dipanaskan ulang, apakah aman? Dilansir dari The Sun (17/4), ternyata susu UHT tetap aman dikonsumsi meski tak direkomendasikan.

Dikarenakan tekstur susu yang lembut dapat berubah menjadi berpasir akibat pemanasan ulang. Tak hanya tekstur, tapi juga membuat rasanya jadi kurang enak.

Penjelasan susu boleh dipanaskan ulang atau tidakPenjelasan susu boleh dipanaskan ulang atau tidak Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada beberapa cara yang tepat untuk memanaskan susu UHT. Pertama, kamu bisa memanaskan susu dalam microwave dengan suhu sedang selama sekitar 15 detik.

Baca Juga: Terinspirasi Hoaks, Netizen Ini Bikin Indomie Goreng Campur Matcha

Susu UHT juga bisa dipanaskan di atas kompor. Caranya masukkan ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang. Lalu diaduk secara teratur sampai uap susu naik.

Bisa juga dipanaskan menggunakan mangkuk yang ditumpangkan ke atas panci berisi air mendidih. Panaskan susu sampai uapnya naik.

Meski susu UHT bisa dipanaskan ulang, tak boleh dilakukan berulang kali. Dijelaskan kalau hanya boleh memanaskan susu sebanyak satu kali.

Karena jika dilakukan berkali-kali akan benar-benar mengubah tekstur susu. Bahkan, sampai membuatnya tak bisa dikonsumsi lagi.

Jenis susu yang dapat dipanaskan ulang juga tak sembarangan. Hanya diperbolehkan jenis susu sapi, sedangkan susu nabati teksturnya bisa mengental.

Baca Juga: Duh! Netizen Ini Apes Banget, Makan Mie Instan Bonus Belatung

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT