WNI Kena Getok Harga di Turki, Makan Ikan Harganya Rp 878 Ribu!

Diah Afrilian - detikFood
Senin, 18 Apr 2022 13:30 WIB
ilustrasi ikan sarden
Foto: shutterstock
Jakarta -

Tinggal di Turki, wanita ini bagikan kisah tak menyenangkan yang dialaminya. Makan di sebuah restoran, ia kena getok harga hingga hampir 9 kali lipat.

Tinggal di suatu tempat yang baru terkadang membuat banyak orang penasaran dengan berbagai makanan lain yang belum pernah dicobanya. Berawal dari iseng-iseng, ada harapan besar untuk mendapatkan makanan yang enak dan belum diketahui banyak orang.

Selain itu, seorang warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Turki ini mengaku ingin membantu sebuah restoran yang sepi pengunjung. Awalnya dirinya mengaku kasihan dengan suatu restoran yang sepi di tengah kota yang ramai dan dikelilingi restoran-restoran lain yang ramai pelanggannya.

Ternyata niat baiknya ini justru mendatangkan kekecewaan dan kekesalan. WNI bernama Ayu ini bahkan mengaku kapok pernah berniat untuk membantu restoran tersebut setelah akhirnya mengalami kejadian getok harga yang tidak masuk akal.

Baca juga: Penjual Roti John Ini Getok Harga di Depan Pembeli Gegara Banyak yang Antre

WNI Kena Getok Harga di Turki, Makan Ikan Harganya Rp 878 Ribu!Makan di sebuah restoran di Turki, wanita ini ceritakan dirinya mengalami getok harga. Foto: TikTok/rrayu_

Mengutip akun TikTok @rrayu_ (15/4), suatu hari Ayu yang sedang berkunjung ke Sultan Ahmed di Turki berencana untuk makan siang di salah satu restoran. Dirinya memilih untuk melipir dan menyambangi restoran di Topkapi Palace untuk makan siang.

Melihat ada restoran yang kosong di antara banyak restoran lain yang penuh, ia berniat ingin membantu tempat makan tersebut. Ternyata niat baik yang dimilikinya ini justru menjadi jebakan untuk dirinya sendiri.

"Jadi aku tuh kan sok ide lihat restoran-restoran di kawasan Topkapi Palace itu banyak yang kosong, mau bantu perekonomian mereka. Ternyata alasannya kenapa mereka sangat kosong karena mereka sangat licik, guys," kata Ayu dalam videonya.

Menyambangi restoran yang menyajikan olahan ikan, Ayu mengaku dirinya memesan sebuah menu yang harganya tertera sekitar 125 Lira atau setara dengan Rp 122 ribu. Tetapi ketika makanan datang Ayu justru mendapatkan menu dengan porsi yang sangat besar dan berisi berbagai jenis ikan.

Ayu yang terkejut langsung bertanya kepada pelayan yang mengantarkan makanannya. Saat ditanya, konon pelayan tersebut menjawab dengan berbagai alasan yang sulit dimengerti dan cenderung berputar-putar.

Baca juga: Getok Harga Karena Terjebak, Wanita Ini Bayar Mie Rp 200 Ribu Semangkuk

WNI Kena Getok Harga di Turki, Makan Ikan Harganya Rp 878 Ribu!Setelah selesai makan dirinya ditagih hampir 9 kali lipat dari harga di daftar menu. Foto: TikTok/rrayu_

Jauh dari menu yang ditunjuk oleh Ayu, dirinya terkejut setelah tagihan makanannya datang yang menunjukkan total harga senilai 900 Lira atau Rp 878 ribu. Berbicara dengan cepat dan membuat pesanan berbeda dari yang dipesan pelanggannya diungkapkan Ayu menjadi trik curang yang dilakukan restoran yang disambanginya di Topkapi Palace.

Dalam videonya, Ayu tidak menjelaskan betul nama restoran yang melakukan getok harga agar tidak merusak nama baik dan menjadi masalah yang lebih panjang lagi. Saat dilihat oleh detikcom, unggahan yang dibagikan Ayu ini telah dilihat lebih dari 160 ribu kali dengan banyak komentar yang memenuhinya.

"Kemarin waktu di Turki juga pernah mengalami yang sama. Turki suka nakal orangnya, tiap makan di resto nggak pernah dikasih struk atau bill, jadi kita nggak tahu apa saja dan tiba-tiba mereka yang totalin," tulis akun @myna*m*_meca.

"Itu sebabnya kak kalau saya sama suami nggak pernah mau makan di tempat yang sepi-sepi. Pasti ada 'sesuatu'nya entah tricky, nggak enak atau apapun masalahnya," tulis akun @rkh_off*cials.

"Ini kejadian sama aku juga. Pesannya ukuran kecil tetapi yang datang ukurannya gede banget dan harganya luar biasa. Sama, di Turki juga," tulis akun @kastkas.

Baca juga: 5 Tips Diet Inul Daratista yang Berhasil Turun Berat Badan 30 Kg



Simak Video "Bikin Laper: Nyobain Daging Domba yang Empuk Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)