Penjual Roti John Ini Getok Harga di Depan Pembeli Gegara Banyak yang Antre

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 17 Apr 2022 12:00 WIB
Penjual Roti John Ini Getok Harga di Depan Pembeli Gegara Banyak yang Antre
Foto: TikTok @wansafiqboh
Jakarta -

Jelang buka puasa, penjual roti John ini lihat antrean panjang di gerainya. Ia langsung mengganti harga menu sehingga pembeli merasa seperti terkena getok harga di gerai tersebut.

Sama seperti di Indonesia, orang di Malaysia pun gemar berburu takjil, jajanan, sampai makanan untuk berbuka puasa. Jika di Indonesia namanya pasar takjil, kalau di Malaysia lebih terkenal dengan nama Ramadan bazaar.

Akan tetapi ada pengalaman yang kurang mengenakan di Ramadan bazaar yang dialami oleh seorang pembeli roti John, kudapan roti panggang yang populer di Malaysia. Kisah ini dibagikan oleh pria bernama Wansa lewat akun TikToknya @wansafiqboh (16/04).

Baca Juga: Getok Harga Karena Terjebak, Wanita Ini Bayar Mie Rp 200 Ribu Semangkuk" selengkapnya

Dalam video singkat tersebut, ia menjelaskan dirinya tengah mengantre roti John di penjual kaki lima bernama Roti John Taboor. Di sana tersedia berbagai jenis roti John, seperti roti isi ayam, daging, spesial, keju, hingga isi daging kambing. Kisaran harganya bermula dari angka 7 RM (Rp 23.700) per porsi.

Penjual Roti John Ini Getok Harga di Depan Pembeli Gegara Banyak yang AntrePenjual Roti John Ini Getok Harga di Depan Pembeli Gegara Banyak yang Antre Foto: TikTok @wansafiqboh

"Ketika lihat antrean pembeli mulai panjang, penjual ini langsung naikkan harga di depan kita. Bukan penjual yang menipu online, tapi penjual yang menipu di depan mata," kritik Wansa.

Di sana tampak penjual roti John mengganti harga dan menaikkan beberapa harga roti di gerainya. Masing-masing harganya dinaikkan langsung 1 RM (Rp 3.400) dari harga semula, tanpa memperdulikan tatapan aneh dari para pembeli yang melihat aksi sang ibu mencoret harga awal dan menaikkannya di depan mereka.

Menanggapi hal ini, banyak komentar dari netizen Malaysia. Beberapa mengeluhkan bahwa harga roti John yang seharusnya murah, tapi kini semakin mahal.

"Saya kira tempat saya beli roti John seharga 6 RM (Rp 20.000) sudah mahal, ternyata ada lagi tempat yang lebih mahal," sindir @min**.

"Sudah beberapa hari puasa, tapi saya tidak pernah lagi jajan ke bazaar Ramadan, karena seperti ini alasannya. Harga makanan dinaikkan seenaknya karena tahu pasti akan diserbu pembeli yang cari makanan untuk buka puasa," komen @ais**.

"Definisi getok harga secara jujur tanpa ditutup-tutupi. Pertanyaannya, apakah pembeli yang antre di sana langsung bubar atau tetap lanjut beli?" tanya @al** penasaran.

Sementara netizen Malaysia lainnya menyebutkan bahwa kisaran harga roti John yang normal sebenarnya berkisar dari angka 4 RM (Rp 13.500) saja.

Baca Juga: Getok Harga Lagi! Makan di Warung Seafood Ditagih Hampir Rp 1 Juta" selengkapnya



Simak Video "Berburu Roti John Klasik di Kedai Kaji Osing Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)