5 Kisah Tukang Gorengan, Gantengnya Bikin Salfok hingga Nabung Rp 167 Juta di Ember!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Rabu, 13 Apr 2022 10:30 WIB
5 Kisah Tukang Gorengan, Gantengnya Bikin Salfok hingga Nabung Rp 167 Juta di Ember!
Foto: TikTok @eril_cikas
Jakarta -

Tukang gorengan ini pernah viral karena cerita unik dan kesuksesannya. Ada yang dipuji karena tampan sampai berhasil nabung uang tunai Rp 167 juta di ember. Begini kisahnya!

Jadi jajanan favorit orang Indonesia, tukang gorengan selalu ramai pembeli. Keberadaannya juga mudah ditemukan di berbagai titik, mulai dari pinggir jalanan yang ramai hingga di dalam area perumahan atau kawasan perkantoran.

Sering kali tukang gorengan ini menarik perhatian netizen. Ada dua hal umum yang membuat mereka akhirnya jadi viral. Pertama karena faktor penampilan dimana beberapa tukang gorengan terkenal tampan dan kedua karena cerita suksesnya.

Misalnya tukang gorengan di Bogor yang punya omzet Rp 150 juta per bulan. Kisah lainnya, tukang gorengan di Bulukumba, Sulawesi Selatan berhasil nabung Rp 167 juta dalam 11 bulan saja.

Berikut detikfood merangkum 5 kisah unik tukang gorengan yang pernah viral di media sosial:

1. Tukang gorengan mirip Roger Danuarta

5 Kisah Tukang Gorengan, Gantengnya Bikin Salfok hingga Nabung Rp 167 Juta di Ember!Memiliki wajah oriental, pria yang diduga tukang gorengan ini disebut netizen mirip Roger Danuarta. Foto: Instagram infia_fact

Belum lama ini viral di media sosial sosok tukang gorengan ganteng, mirip artis Roger Danuarta. Videonya viral setelah diunggah akun Instagram @infia_fact. Terlihat tukang gorengan itu mengenakan kemeja putih dengan beberapa kancingnya terbuka.

Sosoknya terlihat memiliki wajah Asia. Selain mirip Roger Danuarta, ada yang bilang mirip 'oppa' Korea. Dalam video juga terlihat ia sibuk melayani pembeli. Gerai gorengannya itu bernama Gorengan Penggoda Iman. Menunya ada tahu isi, bakwan goreng, tempe goreng, hingga risol goreng.

Bukan karena menunya, netizen heboh dengan ketampanan tukang gorengan itu. Tak sedikit yang mau beli, namun sayangnya tak disebutkan lokasi gerai gorengan tersebut.

Mengenai sosok tukang gorengan tampan itu, penelusuran detikfood di kolom komentar menemukan kalau ia seorang model dengan akun Instagram @lie_buntaran. Netizenpun ramai-ramai menduga kalau 'profesinya' sebagai tukang gorengan hanya bagian dari promosi gorengan tersebut.

Baca Juga: Heboh Ada Penjual Gorengan Ganteng Mirip Roger Danuarta

2. Tukang gorengan diminta alih profesi jadi PNS

5 Kisah Tukang Gorengan, Gantengnya Bikin Salfok hingga Nabung Rp 167 Juta di Ember!Tukang gorengan ini sempat diremehkan oleh teman ayahnya. Foto: TikTok @orangbiasa

Tukang gorengan bernama Andi ini sempat viral karena sosoknya yang manis, namun setelahnya ia kembali menarik perhatian netizen dengan ceritanya. Andi suatu hari didatangi pembeli yang merupakan teman ayahnya.

Tak disangka teman ayahnya itu meremehkan pekerjaan Andi sebagai tukang gorengan. Ia bahkan diminta alih profesi untuk bekerja kantoran atau jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Tukang gorengan di Jalan Pemuda, Bogor ini lantas menanggapi hal itu dengan santai.

Ia bilang lebih baik jualan gorengan saja karena meneruskan usaha orang tua yang sudah berjalan 35 tahun. Ia juga bertanya pada netizen, "Emang ada yang salah dengan profesi jualan gorengan ya?"

Netizen rupanya ramai memberi dukungan pada Andi. Mereka menyemangati Andi untuk tetap menjalankan profesinya sebagai tukang gorengan. "Kalau bicara hasil...jualan gorengan sama gaji PNS...beda jauh pak. Jangan kecilkan pedagang gorengan," kata netizen.

Baca Juga: Netizen Bela Penjual Gorengan Ganteng yang Disuruh Jadi PNS

3. Tukang gorengan di jalur tikus yang sempit

5 Kisah Tukang Gorengan, Gantengnya Bikin Salfok hingga Nabung Rp 167 Juta di Ember!Antimainstream! Tukang gorengan ini jualan di jalur tikus yang tengah macet. Foto: Instagram @kamerapengawas

Tukang gorengan ini pilih jualan di tempat tak biasa. Ia jago mencari peluang dengan jualan di jalur tikus alias jalan alternatif yang kecil. Kondisinya juga tengah macet!

Dalam video yang diunggah di Instagram @kamerapengawas, terlihat tukang gorengan yang berjualan di gerobak itu tengah asyik menggoreng bakwan hingga pisang. Tak jauh dari lokasinya berjualan itu, belasan sepeda motor terjebak macet karena padatnya kendaraan di jalur tikus.

Bisa dibilang posisi tukang gorengan itu sebenarnya mengganggu karena menghalangi setengah jalan dari jalur tikus tersebut dan menyebabkan kemacetan kian parah. Tapi ia tetap santai, bahkan melanjutkan aktivitas menggorengnya seperti biasa!

Baca Juga: Jago Cari Peluang, Pedagang Gorengan Ini Jualan di Tengah Jalur Tikus yang Macet



Simak Video "Bikin Laper: Mencicipi 3 Makanan Khas Daerah Sekaligus"
[Gambas:Video 20detik]