Meski Tugasnya Sepele, Robot Pengupas Pisang Ini Sangat Canggih

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 12 Apr 2022 14:37 WIB
Robot Canggih Pengupas Pisang
Foto: Reuters
Jakarta -

Hadirnya robot tak asing lagi di kehidupan manusia. Robot dapat membantu pekerjaan menjadi lebih mudah dsn cepat. Ada robot di Jepang yang bisa mengupas pisang.

Robot telah banyak digunakan dalam berbagai sektor. Alat canggih ini biasa digunakan di pabrik hingga restoran. Bahkan, ada juga robot yang dapat melakukan pengiriman makanan.

Dilansir dari Reuters (6/4), ada robot baru buatan Jepang yang memiliki tugas sepele namun dilengkapi dengan alat canggih. Robot tersebut memiliki tugas untuk mengupas pisang.

Baca Juga: Harganya Murah dan Rasanya Enak! 5 Steak Kaki Lima Ini Viral

Robot pengupas pisang itu dibuat untuk membantu manusia dalam mengupas pisang dengan sempurna. Disebutkan kalau robot canggih itu tidak akan merusak daging pisang sama sekali.

Robot Canggih Pengupas PisangRobot Canggih Pengupas Pisang Foto: Reuters

Hadirnya robot itu diketahui lewat video yang dirilis oleh University of Tokyo. Dalam video, robot canggih tersebut mampu mengambil pisang dan mengupasnya dalam tiga menit menggunakan kedua tangan.

Menurut Reuters, robot berhasil menyelesaikan tugas mengupas pisang setelah sekitar 13 jam pelatihan. Tetapi tingkat keberhasilan robot berlengan ganda itu masih berkisar di angka 57 persen untuk saat ini.

Baca Juga: Serunya WNI Buka Puasa di 5 Negara, Jajan di Korea hingga Beli Takjil di Rusia

Sosok di balik canggihnya robot pengupas pisang ini adalah Heecheol Kim dan Yasuo Kuniyoshi. Mereka bertugas melatih robot hingga bisa mengupas pisang dengan benar.

Prosesnya melibatkan robot melakukan demonstrasi mengupas pisang lebih dari seratus kali. Demonstrasi itu dilakukan untuk mengumpulkan data yang cukup untuk mereplikasinya.

Robot Canggih Pengupas PisangRobot Canggih Pengupas Pisang Foto: Reuters

Kuniysohi mengatakan kepada Reuters bahwa ia percaya metode tersebut dapat melatih robot dengan baik. Sehingga nantinya dapat melatih robot untuk digunakan dalam sektor yang lebih luas. Robot ini juga dapat membantu mengatasi masalah tenaga kerja jangka panjang di Jepang.

Tak hanya mengupas pisang saja, robot ini juga dapat dieksplorasi. Contohnya melakukan tugas-tugas seperti memindahkan bagian logam dari satu ke tempat lainnya.

Baca Juga: Sayur Bayam Tak Boleh Dipanaskan karena Bisa Beracun? Ini Faktanya



Simak Video "Kulineran Asik Dilayani Robot Futuristik"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)