Sayur Bayam Tak Boleh Dipanaskan karena Bisa Beracun? Ini Faktanya

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 09 Apr 2022 06:00 WIB
Amaranthus leaves on bamboo colander on white background Foto: iStock
Jakarta -

Selama ini beredar luas mitos jangan memanaskan sayur bayam karena bakal beracun dan membahayakan kesehatan. Dari sisi nutrisi, benarkah mitos ini?

Bayam jadi sayur favorit banyak orang Indonesia. Biasanya diolah sebagai sayur bening dengan tambahan irisan oyong, wortel, dan jagung manis. Di balik rasanya yang menyegarkan, sayur bayam memiliki mitos yang kuat.

Banyak orang percaya sayur bayam tak seperti sayur lain karena tak bisa dipanaskan. Jika sayur bayam dipanaskan, konon bakal muncul kandungan racun yang membahayakan tubuh.

Ahli gizi yang menaungi Instagram @gizipedia.id menjelaskan asal-usul mitos soal sayur bayam ini (5/4/2022). detikfood mengutip informasi ini atas seizin pemilik akun.

Gizipedia mengatakan mitos sayur bayam bakal beracun ketika dipanaskan berawal dari artikel yang ditulis oleh The European Food Information Council (EUFIC). Potongan isi artikelnya, "Memanaskan kembali bayam dan sayuran berdaun lainnya berpotensi menyebabkan produksi zat nitrosamin, yang dapat menyebabkan kanker dan Baby Blue Syndrome."

Namun kini artikel itu telah dihapus dari situs EUFIC karena dianggap tidak akurat. Lalu bagaimana faktanya?

Khasiat sayur bayam untuk menu sarapanBayam jadi sayur favorit orang Indonesia. Foto: iStock

"Bayam adalah salah satu makanan kaya nitrat, nitrat ini akan berubah jadi nitrit jika terkena enzim atau bakteri tertentu. Apabila nitrit dipanaskan dalam suhu tinggi & bereaksi dengan asam amino, maka ia akan berubah jadi nitrosamin," tulis Gizipedia.

Nitrosamin inilah yang kemudian disebut sebagai zat pemicu kanker. "Tapi dalam kasus bayam yang dipanaskan ulang, hal ini tidak dibenarkan," kata Gizipedia. Hal ini karena saat dipanaskan, nitrat bayam sebenarnya berkurang sangat banyak.

Pada intinya, memanaskan ulang bayam tidak mengubahnya jadi zat beracun. Hanya saja zat gizinya bakal banyak menghilang banyak saat dipanaskan. Karenanya tidak dianjurkan memanaskan sayur bayam berulang kali.

Resep Sayur Bobor Bayam Labu SiamKetika dipanaskan, sayur bayam tidak menimbulkan racun, namun zat gizinya bakal berkurang. Foto: detikfood/Odilia

Selain itu, sayur bayam yang sudah dimasak atau disimpan, sebaiknya dikonsumsi dalam kurang dari 12 jam. Tujuannya agar nutrisinya masih maksimal dan cita rasanya juga enak.

Paling bagus memang memasak sayur sedikit saja ketika hendak dimakan.

"Kadar toleransi racun tiap tubuh orang berbeda, memasak sayur untuk sekali makan memang paling baik untuk pencegahan. Selain zat gizi sayur yang berkurang saat dipanasi tentu saja rasanya tidak terlalu enak," kata Gizipedia.



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Keripik Bayam"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com