Takjil Enak

Seru! Di 5 Tempat Ngabuburit Ini Ramai Pedagang Takjil Enak, Mulai Rp 5 Ribuan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 07 Apr 2022 16:30 WIB
Seru! Di 5 Tempat Ngabuburit Ini Ramai Pedagang Takjil Enak, Mulai Rp 5 Ribuan
Foto: Istimewa
Jakarta -

Selama Ramadan ada tradisi di Indonesia yang dikenal dengan istilah ngabuburit atau menunggu waktu magrib sambil jalan-jalan mencari takjil. Ada lima tempat yang paling asyik untuk cari takjil yang enak.

Bulan Ramadan di Indonesia memiliki keistimewaannya sendiri. Bukan hanya takjil dan beragam jajanan pasar yang biasanya memenuhi meja makan menjelang buka puasa, tetapi ada kebiasaan-kebiasaan yang tidak ditemukan di negara lain.

Salah satunya yang paling dikenal adalah ngabuburit. Ngabuburit merupakan kegiatan mencari dan berbelanja makanan untuk berbuka puasa sekaligus menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Di beberapa titik biasanya akan dipenuhi oleh para pedagang yang menjajakan makanan berupa takjil hingga makanan berat untuk buka puasa. Di Jakarta sendiri, ada beberapa tempat ngabuburit yang terkenal karena ramai penjaja takjil enak dan sebagainya.

Baca juga: 7 Takjil Enak di Dunia Versi National Geographic, Ada Kolak Pisang Indonesia!

Berikut ini 5 tempat ngabuburit yang ramai pedagang takjil enak dan beragam pilihan:

Seru! Di 5 Tempat Ngabuburit Ini Ramai Pedagang Takjil Enak, Mulai Rp 5 RibuanDi kawasan Pasar PSPT Tebet, setiap sore hari ketika Ramadan selalu dipenuhi dengan penjual takjil yang murah dan enak. Foto: Istimewa

1. Pasar PSPT Tebet

Di kawasan Tebet Timur ada sebuah pasar induk yang dikenal dengan nama PSPT. Berbeda dengan pasar induk biasa yang menjajakan sayur dan bahan makanan segar, di sini terkenal juga sebagai surga kuliner.

Terlebih ketika memasuki bulan Ramadan, sepanjang trotoar di depan Pasar PSPT ini akan berubah menjadi lautan takjil. Mulai dari pedagang bubur sumsum, candil, jajanan pasar hingga makanan berat seperti pecel lele dan sate Padang.

Tidak hanya pedagang kaki lima saja, di bagian dalam Pasar PSPT lantai paling atas atau yang dikenal dengan The PSPT Rooftop juga banyak kafe-kafe yang bisa didatangi untuk berbuka puasa. Harga takjil yang dijajakan di depan Pasar PSPT ini mulai dari Rp 5 ribuan saja.

2. Pasar Rawamangun

Tidak jauh dari terminal bus Rawamangun, ada sebuah pasar yang dikenal dengan Pasar Rawamangun. Saat pagi hari, pasar Rawamangun ini memang tampak seperti pasar induk biasa yang berisi penjual bahan makanan segar.

Tetapi ketika sore hari, terutama selama bulan Ramadan, berbagai jenis takjil bisa ditemukan di sini. Ramainya pedagang yang berjualan di halaman depan pasar saat sore hari bahkan menjadi hiburan sendiri bagi masyarakat sekitar Rawamangun.

Jika ingin datang ke sini pastikan untuk tidak terlalu sore karena dijamin kondisi jalanan sudah macet dan banyak takjil yang sudah habis. Harga berbagai takjil seperti kolak hingga risol di sini bisa didapatkan mulai dari Rp 5 ribuan.

Baca juga: Gawat! Salt Bae Keluhkan Persediaan Garamnya Menipis



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]