7 Takjil Enak di Dunia Versi National Geographic, Ada Kolak Pisang Indonesia!

ADVERTISEMENT

7 Takjil Enak di Dunia Versi National Geographic, Ada Kolak Pisang Indonesia!

Diah Afrilian - detikFood
Selasa, 05 Apr 2022 17:30 WIB
7 Takjil Enak di Dunia Versi National Geographic, Ada Kolak Pisang Indonesia!
Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka
Jakarta -

Beberapa negara punya takjil tradisional yang menjadi kegemaran masyarakatnya. Menurut catatan National Geographic, ada 7 takjil populer di dunia termasuk dari Indonesia!

Takjil atau hidangan untuk berbuka puasa biasanya merupakan camilan yang ringan dan manis rasanya. Di setiap tempat memiliki takjil khas yang berbeda-beda.

Biasanya takjil-takjil ini menjadi identitas suatu daerah saat Ramadan telah tiba. Berbondong-bondong masyarakatnya akan berburu menu takjil tersebut untuk disajikan saat buka puasa.

Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain juga memiliki menu takjilnya yang istimewa. Menurut catatan National Geographic setidaknya ada 7 menu takjil yang populer di dunia.

Baca juga: Slurpp! 5 Es Campur di Jaksel yang Punya Rating Tinggi di Ojol

Berikut ini 7 menu takjil populer di dunia menurut National Geographic:

7 Takjil Enak di Dunia Versi National Geographic, Ada Kolak Pisang Indonesia!Sup hangat yang terbuat dari kacang lentil ini jadi salah satu takjil populer di beberapa negara di Timur Tengah. Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka

1. Shorbat Adas, Timur Tengah

Menjadi wilayah yang banyak diisi oleh negara-negara Islam, Timur Tengah tentunya tidak pernah melewatkan bulan suci Ramadan tanpa kemeriahan. Di negara-negara Timur Tengah terutama di Uni Emirates Arab, Yordania, hingga Libanon ada sebuah menu takjil yang khas dan selalu disajikan di rumah-rumah keluarga Muslim.

Bernama shorbat adas, menu ini terbuat dari kacang lentil yang disajikan bersama keripik pitta. Kacang lentil merah akan dimasak dengan kunyit, kayu manis, parsley, dan lemon hingga ditambahkan wortel, bawang bombay juga kentang untuk memberi nutrisi lebih sebagai santapan buka puasa.

2. Harira, Maroko

Mirip dengan sup krim, harira yang merupakan takjil khas Maroko ini biasanya dinikmati bersama beberapa buah kurma. Harira merupakan perpaduan berbagai hasil bumi seperti kacang lentil, kacang polong, bihun, tomat hingga berbagai daging hewan.

Konon harira juga menjadi takjil yang paling mudah disesuaikan dengan selera masing-masing keluarga. Ada yang menggunakan bihun atau nasi, menambahkan daging sapi atau daging domba, hingga biasanya juga dilengkapi dengan kue kering yang terbuat dari madu.

Baca juga: Gawat! Salt Bae Keluhkan Persediaan Garamnya Menipis



Simak Video "Chillax, Tempat Nongkrong ala Eropa di Sudirman yang Instagramable"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT