ADVERTISEMENT

Takjil Enak

5 Es Buah Legendaris untuk Buka Puasa, Ada Es Teler sampai Es Buah Jelly Acen

Sonia Basoni - detikFood
Rabu, 06 Apr 2022 14:00 WIB
Sop Buah or Es Buah is Mixed Fruit with Coconut or Simple Syrup, Served with Shaved Ice and add Condensed Milk to Add Creamy Swetened, Popular for Buka Puasa (Breakfasting)
Foto: Getty Images/iStockphoto/Ika Rahma
Jakarta -

Berbuka puasa paling enak dengan yang dingin dan menyegarkan. Seperti es aneka buah, yang selalu jadi incaran banyak orang selama bulan Ramadan.

Selain takjil berupa bubur manis, kolak, gorengan sampai kue-kue manis yang Populer. Ada es buah yang dingin dan segar, menempati posisi teratas sebagai minuman yang paling banyak dicari orang untuk berbuka puasa. Sajian es buah ini beragam macamnya.

Ada es buah yang tampil lebih meriah dengan topping aneka jelly serta agar-agar yang penuh warna. Kemudian ada es serut asal Garut yang ikonik, sampai es teler legendaris di Jakarta yang selalu diserbu banyak orang sejak puluhan tahun lalu.


Berikut lima tempt es buah segar enak dan legendaris, yang bisa dijadikan rekomendasi untuk takjil minuman berbuka puasa.

Baca Juga: Berburu Takjil Enak di Pamulang, di Sini Tempatnya" selengkapnya

1. Es Teler Sari Mulia Asli

es teler sari mulia aslies teler sari mulia asli Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Buat yang kangen makan pempek ditemani es teler di Megaria atau Metropole 21, kini bisa pesan Es Teler Sari Mulia Asli lewat aplikasi online untuk berbuka puasa. Disebut sebagai salah satu es teler paling tua di Jakarta, racikan es teler di sini tak pernah berubah sejak dulu.

Isian es telernya juga tetap royal ada kelapa muda, nangka, serta sedikit alpukat. Kuahnya terbuat dari air yang diberi sirop gula, susu kental manis, serta es batu. Harga es telernya hanya Rp 29.000 saja. Tersedia juga menu lainnya seperti es alpukat, es kelapa, jeruk panas, dan es jeruk yang kisaran harganya sama.

Harganya sepadan dengan kualitas es teler yang disajikan. Tak heran Es Teler Sari Mulia Asli ini masuk ke dalam jajaran tempat es buah legendaris di Jakarta, karena sudah eksis sejak tahun 1970-an sampai sekarang.

2. Es Campur Ko Acia

Lezatnya Melegenda! Ini Es Campur Ko Acia Khas Pontianak Sejak 1980Lezatnya Melegenda! Ini Es Campur Ko Acia Khas Pontianak Sejak 1980 Foto: detikfood

Berdiri sejak tahun 1980, es campur khas Pontianak ini paling terkenal di wilayah Sawah Besar, Jakarta Pusat. Namanya Es Campur Ko Acia, yang menjual berbagai jenis minuman dan es buah segar yang berkualitas.

Terhitung ada lebih dari 20 menu es campur yang ditawarkan di sini, dan semuanya masih diracik langsung oleh Ko Acia. Tentunya semua menu-menu es campur ini bisa dipesan via aplikasi ojek online, atau bisa langsung datang ke tempat.

Salah satu menu andalannya ada Es Sarang Burung, Es Campur Gula Merah, Es Shanghai, Es Kolang-kaling dan tak ketinggalan Es Kacang Merah. Kisaran harganya RP 25.000 saja, isian buah, jelly, selasih hingga kacang merahnya melimpah.

3. Es Sumatera Aho

Es Teler Sumatra AhoEs Teler Sumatra Aho Foto: Dok. detikFood

Tak hanya Pontianak yang punya aneka es campur enak. Di daerah Jelambar, ada tempat makan es legendaris yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun lalu. Namanya Es Teler Sumatra Aho, di sini menyediakan 7 jenis es buah yang bisa dipesan online dari rumah.

Menu andalannya ada Es Buah, Es Thousand Island, Es Sekoteng dan Es Campur. Ciri khas racikan es buah di Aho ini lebih fokus pada penggunaan aneka topping jelly yang melimpah. Bahkan menu es telernya dicampur dengan tambahan jelly, kolang-kaling, mutiara, semangka, melon dan blewah.

Untuk kisaran harganya masih terjangkau, dan pastinya porsi es buahnya melimpah. Bisa jadi teman buka puasa untuk 1-2 orang. Harganya berkisar Rp 25.000 saja per porsi, dengan bahan-bahan buah dan sirup premium yang tak bikin gatal tenggorokan.



Simak Video "Sejumlah Gepeng-Anjal di Makassar Terjaring Razia Jelang Ramadan"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT