30 Resep Takjil Buka Puasa

5 Takjil Enak yang Wajib Dibeli di Pasar Takjil Taman Sulfat Malang

Lutfi Baihaqy - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 15:01 WIB
5 Takjil Enak yang Wajib Dibeli di Pasar Takjil Taman Sulfat Malang Foto: Lutfi Baihaqy/detikFood
Malang -

Ngabuburit di pasar takjil ini bisa bikin kalap. Hampir semua jajanan enak ada di sini. Kalau ke sini jangan lupa beli 5 takjil enak ini.

Salah satu kegiatan di bulan puasa yang menarik adalah berburu takjil. Seperti di pasar takjil sekitar Taman Sulfat Malang. Selain harus memperhatikan budget, juga harus bisa menahan diri karena jajana di sini serba menggiurkan.

Sejak sore penjual takjil berjajar di sepanjang jalan menjajakan menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Plihan makanan dan minuamn sangat beragam. Dari gorengan, jajan pasar hingga aneka es, bubur dan kolak.

Pasar takjil ini selalu dipadati pengujung, terletak di Jalan Sulfat, Malang. Apabila hendak ke sini kamu bisa memarkir kendaraan dan berjalan menyusuri deretan penjual menu berbuka puasa yang menggoda.

Pasar takjil di Taman Sulfat ini sudah ada sejak lama dan selalu ramai di bulan puasa setiap tahunnya. Meskipun saat ini sedang masa pandemi, para pengunjung sudah tertib untuk mengenakan masker dan menjaga jarak.

Mengunjungi tempat ini (14/04) pada pukul 16.00 sudah ramai pengunjung yang memadati tempat ini. Mulai dari kelompok anak muda hingga keluarga. Mereka berjalan santai sambil belanja takjil favorit.

Terdapat berbagai macam menu yang ditawarkan mulai dari jajanan pasar, nasi campur, kue basah, hingga aneka es. Berikut 5 takjil yang sebaiknya jangan kamu lewatkan saat ada di pasar takjil ini.

1. Es Pisang Ijo

5 Takjil Enak yang Wajib Dibeli di Pasar Takjil Taman Sulfat Malang5 Takjil Enak yang Wajib Dibeli di Pasar Takjil Taman Sulfat Malang Foto: Lutfi Baihaqy/detikFood


Makanan manis khas Makasar ini memang paling nikmat diminum saat berbuka puasa. Memiliki berbagai isian dengan warna-warni membuat tampilan dari es pisang ijo ini sangat menggoda.

Disajikan dalam satu cup plastik berisi pisang yang dibalut tepung tepung berasberwarna hijau, sagu mutiara, bubur sumsum, serta disiram dengan sirop dan susu kental manis.

Ada rasa lembut manis bubur sumsum dan legit pisang. Semakin enak diaduk dengan siropnya. Satu cup es pisang ijo hanya merogoh kocek Rp5.000 saja. Pedagang yang rutin jualan di pasar takjil ini bisa menjual hingga 750 cup es pisang ijo.

2. Aneka Jajanan Pasar

5 Takjil Enak yang Wajib Dibeli di Pasar Takjil Taman Sulfat Malang5 Takjil Enak yang Wajib Dibeli di Pasar Takjil Taman Sulfat Malang Foto: Lutfi Baihaqy/detikFood


Menu takjil yang banyak menjadi incaran adalah jajanan pasar. Di pasar takjil Taman Sulfat ini kamu dapat menemui kios Adiba yang menjual berbagai macam jajanan pasar.

Dijajakan dalam sebuah tenda, ada lebih dari 25 jenis jajan pasar. Mulai dari yang manis hingga gurih, bisa dipilih sesuai dengan selera. Harga dari kuenya tergolong murah mulai dari Rp1.000 saja.

Beberapa jajanan pasar yang dapat dipilih yaitu pastel, lemper, salad buah, puding, kue sus, martabak mini, arem-arem, bakpao, donat, risoles, kue lumpur, ote-ote, onde-onde,tahu bakso, dan masih banyak lagi.

Bu Arfi pemilik kios Adiba menyampaikan bahwa biasanya ia berjualan di Pasar Madyopuro. Tak jarang ia juga menerima pesanan untuk berbagai acara. Karena dijual grosir Bu Arfi mampu menjual hingga 2.000 sampai 3.000 kue tiap harinya. Sedangkan, di pasar takjil Taman Sulfat, dalam sehari Bu Arfi mampu menjual hingga 500 kue.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com