ADVERTISEMENT

Gendut Legit Kurma Medjool yang Populer, Ini 5 Fakta Menariknya

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 05 Apr 2022 10:30 WIB
Fakta Menarik Kurma Medjool
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kurma medjool jadi salah satu jenis kurma yang populer di Indonesia Karena tebal dan Legit. Saat bulan Ramadan, kurma medjool sangat populer. Ini Fakta menariknya.

Makan kurma saat berbuka puasa adalah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Hal ini disebutkan dalam sebuah hadist, "Anas bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW berbuka puasa dengan ruthab (kurma basah) sebelum shalat. Kalau tidak ada ruthab, beliau makan tamar (kurma kering). Bila tidak ada keduanya, beliau biasanya meminum air seteguk demi seteguk."

Rasulullah SAW menganjurkan untuk mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil,seperti 1,3,7, dan seterusnya. Dalam HR Bukhori dan Muslim disampai bahwa, "Barang siapa mengonsumsi tujuh butir ajwa pada pagi hari makan hari itu dia tidak akan terkena racun maupun sihir."

Kurma menjadi makanan yang tepat untuk berbuka puasa karena manfaat kesehatannya untuk tubuh. Diketahui kalau kurma mengandung pemanis alami atau glukosa yang dibutuhkan tubuh setelah berpuasa. Buah kurma juga diketahui mengandung energi yang tinggi.

Baca Juga: Pesan Bubur Ayam Datangnya Pakai Kuah, Ternyata Bubur Khas Palembang!

Diketahui kalau kurma memiliki beragam jenis. Salah satu yang populer adalah medjool. Kurma medjool ternyata berasal dari Arizona, Amerika Serikat. Kini sudah anyak ditanam di Timur Tengah, Asia, dan Afrika.

Kurma berwarna cokelat pekat ini memiliki ukuran besar, daging tebal, dan rasanya manis seperti karamel. Tekstur dari kurma medjool empuk dan lembut.

Dilansir dari Medical News Today (14/9/2021), berikut fakta dari kurma medjool.

1. Nutrisi Kurma Medjool

Fakta Menarik Kurma MedjoolNutrisi Kurma Medjool Foto: Getty Images/iStockphoto

Kurma medjool diketahui sebagai makanan yang menyehatkan karena kandungan nutrisi pentingnya. Menurut U.S. Department of Agriculture Trusted, sebuah kurma (24 gram) mengandung 66,5 kalori.

Kandungan nutrisinya terdiri dari 18 gram karbohidrat, 16 gram gula, 1,6 gram serat, dan 0,4 gram protein. Kurma medjool juga menyediakan banyak mineral seperti potasium, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi.

2. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Kurma medjool memiliki kandunan serat yang cukup tinggi. Jenis serat yan terkandung tidak larut, sehingga tidak dapat dicerna. Serat jenis ini membantu memindahkan makanan melalui sistem pencernaan dengan cepat dan efisin.

Oleh karenanya, kurma medjool dapat membantu dalam mencegah sembelit. Serat yang terkandung pada kurma medjool juga membuat rasa kenyang lebih lama dan membantu mengatur berat badan.

Baca Juga: Selain Mengenyangkan, Ini 6 Alasan Kamu Harus Makan Pisang

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT