Pesan Bubur Ayam Datangnya Pakai Kuah, Ternyata Bubur Khas Palembang!

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 03 Apr 2022 13:00 WIB
Pesan Bubur Ayam Datangnya Pakai Kuah, Ternyata Bubur Khas Palembang!
Foto: FFess/Visual Site
Jakarta -

Kaget saat beli bubur ayam, yang disajikan dengan kuah hitam kecap mirip rawon. Netizen ini bingung sendiri lihat penampakan bubur ayam tersebut.

Seperti nasi uduk hingga nasi goreng, sarapan dengan bubur ayam sudah menjadi salah satu menu makan pagi yang mudah ditemukan dan harganya terjangkau. Bubur ayam bisa ditemukan di berbagai daerah Indonesia, dengan ciri khas dan bahan-bahan yang berbeda.

Seperti bubur ayam Cirebon misalnya, yang mengandalkan kuah kaldu gurih dengan tambahan kacang kedelai goreng hingga seledri. Namun tidak menggunakan irisan cakwe seperti kebanyakan bubur ayam Jakarta.

Begitu juga dengan bubur ayam khas Sukabumi yang terlihat mirip dengan bubur ayam Cianjur, namun berbeda karena penyajian topping kadang dipisah dair bubur.

Hal ini lah yang menjadi perbincangan hangat di kalangan pengguna Twitter. Setelah seorang netizen mengirimkan foto bubur ayam yang baru saja dibelinya, lewat akun sharing tentang makanan @FFoodfess (01/04).

Baca Juga: Bikin Laper! Ncess Nabati Cicipi Bubur Ayam Kampung Viral di Rawa Belong" selengkapnya


"Aku beli bubur ayam, dan wow, mengkaget," tulis netizen anonim itu, disertai unggahan foto seporsi bubur ayam yang tenggelam dalam kuah kecap hitam, lengkap dengan telur rebus dan tanpa kerupuk.

Pesan Bubur Ayam Datangnya Pakai Kuah, Ternyata Bubur Khas Palembang!Pesan Bubur Ayam Datangnya Pakai Kuah, Ternyata Bubur Khas Palembang! Foto: FFess/Visual Site

Kuah bubur yang didapatkan tentunya jauh lebih banyak dari kaldu yang biasa digunakan untuk bubur Cirebon atau Sukabumi. Kuahnya lebih mirip kuah rawon.

Foto ini mengundang banyak tanya dari netizen, ada juga yang menjelaskan mengapa tampilan bubur ayam ini jadi berkuah.

"Terlihat seperti rawon kolaborasi sama nasi lembek dengan telor rebus," komen @jol**.

"Bubur ayam be like: apa aku sudah mirip bubur sumsum? Lontong sayur? Soto kah?" canda @mau**.

Pesan Bubur Ayam Datangnya Pakai Kuah, Ternyata Bubur Khas Palembang!Bubur Ayam Versi Cirebon/ Foto: FFess/Visual Site

Tapi ternyata, penampakan bubur ini bukan karena sang penjual salah menyajikan. Melainkan ini merupakan tampilan bubur ayam khas Palembang.

"Itu bubur ayam Palembang. Buburnya nyeplak begitu karena dibungkus pake plastik es setengah kilo gitu. Kalau kaldunya rasa rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, kecap, sama lemak kulit ayam gitu enak banget," jelas @er**.

"Bubur Palembang nih. Waktu aku pindah ke Palembang juga terkejut, ini bubur apaan. Begini amat, sampe sekarang masih belum jatuh cinta sama ini bubur," pungkas @jun**.

Diketahui sebelumnya, bubur ayam khas Palembang lebih banyak menggunakan rempah di racikan kuah kaldu mereka. Selain menggunakan cengkeh hingga kayu manis, kuah bubur juga ditambahkan kunyit, jahe, bawang sampai ketumbar.

Baca Juga: Setelah Sandwich Bubur Ayam Kini Ada Sandwich Nasi Uduk Plus Meses dan Keju" selengkapnya



Simak Video "Uniknya Santap Bubur Bakar Pakai Kendil di Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)