7 Kebiasaan Buruk Saat Masak Ini Harus Ditinggalkan

Diah Afrilian - detikFood
Kamis, 31 Mar 2022 07:00 WIB
Hands of young female chopping fresh onion on wooden board while preparing italian pasta with vegetables and minced meat
Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov
Jakarta -

Seperti terlihat mudah, nyatanya memasak membutuhkan teknik khusus yang seringkali salah dilakukan. Ada kebiasaan-kebiasaan buruk saat memasak yang banyak dilakukan dan harus segera ditinggalkan.

Bagi sebagian orang yang sering melakukannya, memasak mungkin terdengar cukup mudah. Sedangkan bagi sebagian lainnya yang tidak terbiasa akan menganggap bahwa memasak adalah kegiatan rumit dan merepotkan.

Ternyata memasak tidak hanya sekadar mengolah bahan makanan dengan bumbu lalu memasaknya hingga matang. Untuk mendapatkan hasil hidangan yang sempurna banyak hal-hal yang perlu dilakukan mulai dari racikan bahan hingga teknik pengolahan.

Walaupun sudah sering memasak ternyata banyak orang yang masih melakukan kesalahan dan kekeliruan yang tidak seharusnya dilakukan di dapur. Kesalahan-kesalahan ini jika terus dilakukan hasilnya justru akan membuat hasil masakan menjadi tidak maksimal.

Baca juga: 7 Kesalahan Menyeduh Kopi Ini Bikin Rasanya Kurang Enak

Berikut ini 7 kebiasaan buruk saat memasak yang harus dihentikan menurut Buzzfeed (18/3):

Hands of young female chopping fresh onion on wooden board while preparing italian pasta with vegetables and minced meatJika berharap patty akan lebih cepat matang dan matangnya merata, menekan daging patty untuk burger jsutru akan membuatnya kering dan keras. Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov

1. Menekan patty burger

Saat membuat burger seluruh isian yang perlu dipanaskan akan dimasak terlebih dahulu. Baik dilakukan di rumah maupun gerai penjual burger, ternyata banyak yang masih melakukan kebiasaan buruk untuk memasak patty atau isian daging burger.

Menekan patty atau daging burger akan akan membuat cairan alami (jus) dari dagingnya keluar dan habis saat dimasak. Hasilnya daging burger yang akan disajikan nanti menjadi keras, kering dan tidak maksimal rasanya.

2. Terlalu banyak bawang

Saat memasak, banyak orang lebih senang menggunakan banyak bumbu karena merasa akan menghasilkan makanan yang lebih sehat. Nyatanya menggunakan bumbu yang terlalu banyak hanya akan membuang-buang bumbu dapur saja.

Terutama ketika menggunakan bawang putih, menambahkannya terlalu banyak secara berlebihan hanya akan merusak rasa makanan yang seharusnya. Rasa bawang putih yang cukup kuat akan sangat mengganggu dan mengalahkan rasa bumbu yang lain.

Baca juga: 7 Makanan Ini Bikin Sperma Lebih Lincah, Para Suami Harus Rutin Konsumsi