ADVERTISEMENT

7 Tips Bikin Tahu Goreng Awet Renyah Pakai Minyak dan Tanpa Minyak

Yenny Mustika Sari - detikFood
Rabu, 30 Mar 2022 10:30 WIB
Cara Masak Tahu Goreng Renyah
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Tahu memiliki tekstur yang lembut karenanya mudah hancur ketika dimasak. Kalau ingin tekstur tahu menjadi renyah saat digoreng, ikuti tips berikut ini!

Tahu merupakan sumber protein yang menyehatkan dan murah seperti tempe. Tahu yang diadaptasi dari China kini sudah menjadi makanan rakyat yang murah meriah dan bergizi.

Jenis tahu yang ada di Indonesia cukup beragam. Mulai dari tahu putih, tahu kuning, hingga tahu kulit. Setiap jenis tahu ini memiliki ragam olahan yang berbeda.
Tahu goreng merupakan salah satu olahan tahu yang disukai banyak orang. Menggoreng tahu terlihat gampang, padahal ada trik yang harus diperhatikan agar bagian luar tahu garing dan renyah dan bagian dalamnya lembut dan tidak mudah hancur.

Kamu bisa menggoreng tahu dengan minyak atau tanpa minyak. Dilansir dari Lie Strong (27/3), ada beberapa tips menggoreng tahu agar memiliki tekstur renyah.

Baca Juga: Inilah 4 Cara Diet dalam Ajaran Islam yang Gampang Dicontek

Berikut 7 tips menggoreng tahu agar hasilnya menjadi renyah.

1. Gunakan Tahu yang Kokoh

Cara Masak Tahu Goreng RenyahCara Masak Tahu Goreng Renyah Foto: Getty Images/iStockphoto

Tingkat kelembutan tahu berbeda-beda setiap jenisnya. Kalau ingin yang super lembut, kamu bisa menggunakan tahu sutera atau tahu Jepang.

Sedangkan, kalau kamu ingin tahu yang teksturnya bisa renyah ketika dimasak, harus memilih tahu yang teksturnya kokoh tetapi bagian dalamnya lembut. Pilih tahu yang agak padat agar menghasilkan tekstur yang renyah ketika dimasak.

Chef Leslie Durso yang juga ahli vegan mengatakan, "Memakai tahu yang agak keras akan membantu tahu tetap renyah ketika dimasak."

2. Tiriskan tahu

Ketika membeli tahu, pastinya akan ada airnya. Air itulah yang membuat tahu tetap segar dan lembap. Namun tahu yang lembap justru akan membuat tahu tidak renyah ketika digoreng.

"Kelembapan akan menciptakan uap yang membuat tahu tak akan bisa kering. Sehingga tahu tidak renyah ketika dimasak," jelas chef Olivia Roszkowski.

Agar menjadi renyah, Olivia menyarankan untuk meniriskan air tahu sebelum digoreng. Keringkan dengan tisu dapur atau bungkus tahu dengan serbet lalu tindih dengan piring atau pemberat agar seluruh airnya keluar.

Baca Juga: 5 Mie Ayam Gerobak di Kaki Lima yang Legendaris dan Terkenal Enak

3. Tambahkan Tepung Maizena

Kalau ingin tahu bertekstur renyah, kamu harus melapisinya tipis-tipis dengan tepung maizena. Tepung maiznea disebut bisa membantu mengurangi kelembapan.

"Melapisi tahu dengan tepung maizena akan menyerap kelembapan yang berlebih. Ini membuat tahu menjadi lebih renyah saat digoreng atau dipanggang," ungkap chef Roszkowski.



Simak Video "Masak Masak: Popcorn Tahu Bumbu Keju Pedas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT