Rekomendasi Tempat Makan

5 Mie Ayam Gerobak di Kaki Lima yang Legendaris dan Terkenal Enak

Sonia Basoni - detikFood
Minggu, 27 Mar 2022 17:00 WIB
Jajan di Sini! 20 Mie Ayam Gerobakan Porsi Mantap Rp 15 Ribuan
Foto: Instagram/detikfood
Jakarta -

Mie ayam enak tak harus yang di restoran. Mie ayam gerobak kaki lima, yang berjualan di pinggir rel kereta api sampai pinggir jalan juga enak dan tak kalah laris.

Mie ayam gerobak memiliki harga yang lebih murah, jika dibandingkan dengan mie ayam yang ada di tempat makan apalagi restoran. Meski banyak yang mengira bahwa rasa mie ayam gerobak standard dan sama saja.

Tapi tidak berlaku dengan beberapa mie ayam gerobak legendaris bahkan terkenal di Jabodetabek. Seperti mie ayam dengan porsi jumbo dan topping lengkap, sampai mie ayam gerobak di jalanan hingga dalam gang.

Berikut 5 tempat makan mie ayam gerobak pinggir jalan yang laris, bahkan antreannya panjang.

Baca Juga: Mie Gaul Senayan: Gurih Mantap Mie Yamin di Bawah Pohon Rindang" selengkapnya


1. Mie Ayam Jamur Mas No

Mie Ayam Jamur Mas No, Mie ayam terkenal di Taman Puring. Tawarkan mie ayam jamur yang gurihnya nendang dan mie yamin manis legit.Mie Ayam Jamur Mas No, Mie ayam terkenal di Taman Puring. Tawarkan mie ayam jamur yang gurihnya nendang dan mie yamin manis legit. Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Pecinta mie ayam harus mencoba mie ayam jamur satu ini. Namanya Mie Ayam Jamur Mas No yang berjualan menggunakan gerobak sederhana di pinggir jalan. Tepatnya di daerah Taman Puring, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Walau begitu, penikmat mie ayam jamur ini selalu ramai setiap harinya. Buka sejak pukul 7 pagi, Mas No sang penjual tak berhenti meracik mie ayam hingga sore hari. Ternyata mie ayam jamur ini sudah didirikan sejak tahun 1998. Dulunya berjualan keliling dari kampung ke kampung pada tahun 1995.

Hanya ada 2 menu saja yang ditawarkan oleh Mie Ayam Jamur Mas No. Mie ayam jamur dan mie yamin. Harga per porsi mie ayam jamur dan mie yamin mulai dari Rp 18.000. Kalau ditambah topping bakso atau pangsit rebus Rp 19.000. Sedangkan untuk menu komplet harganya Rp 21.000 saja.

2. Mie Ayam Gajah Mungkur

Kalau ngidam mie ayam porsi kulproy (kuli proyek) atau porsi jumbo, tapi jauh dari Yogyakarta. Tak perlu khawatir, bisa mampir ke Mie Ayam Gajah Mungkur yang ada di Depok. Bermodalkan gerobak sederhana saja.

Sama-sama terkenal dengan porsi mie ayam kulproy (kuli proyek). Di sini bisa makan kenyang dan puas dengan harga Rp 12.000 saja. Meski harganya super murah, tapi porsi mie ayam yang diberikan benar-benar tidak pelit.

Limpahan topping ayam dan sayurannya juga menutupi permukaan mie. Mie ayamnya menggunung, dengan racikan bumbu dan minyak ayam yang pas di lidah. Siap-siap antre kalau mau makan di sini, karena selalu ramai oleh pembeli.

3. Mie Ayam Gang Ambi

Resep Mie Ayam WonogiriResep Mie Ayam Wonogiri Foto: iStock

Jalan-jalan ke Bogor dan ngidam makan mie ayam enak terjangkau? Mampir saja ke Mie Ayam Gang Ambi, yang letaknya ada di Jalan Merdeka, di dalam Gang Ambi II. Sesuai namanya, mie ayam gerobakan ini letaknya di dalam gang, dengan meja kayu sederhana.

Meski begitu mie ayam ini selalu laris, dan populer di kota Bogor. Ciri khas menu mie ayam di sini, disajikan dengan dua buah pangsit basah dan dua butir bakso dengan harga Rp 15.000 saja. Mie ayam ini punya rasa yang asin gurih, dengan mie pipih kenyal.

Buka dari jam 10 pagi, banyak orang yang rela mengantre untuk bisa makan mie ayam ini. Meskipun tempatnya kecil, tapi animo pengunjung tetap besar. Porsi mie yang ditawarkan juga royal, dengan taburan daging ayam serta sayuran sawi yang melimpah.



Simak Video "Suka Mie yang Gurih? Cobain Mie Ayam Bangka Asan"
[Gambas:Video 20detik]