5 Resep Tahu Goreng Enak Buat Ngemil Sore

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 28 Jul 2019 11:30 WIB
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Tahu bisa jadi ide camilan menarik di akhir pekan. Selain tahu goreng biasa, coba resep tahu goreng pedas hingga tahu fantasi dari detikFood ini.

Tahu termasuk sumber protein nabati yang murah dan mudah didapat. Tahu bisa dikreasikan jadi beragam hidangan termasuk camilan. Kalau mau ngemil tahu di hari libur, 5 ide resep tahu detikFood berikut bisa dicoba.

1. Tahu Goreng Bawang Cabe

5 Resep Tahu Goreng Enak untuk Camilan Akhir PekanFoto: dok. detikFood

Foto: dok. detikFood
Tahu goreng yang satu ini memakai tahu putih. Tahu lalu dibumbui bawang putih hingga gurihnya meresap. Usai digoreng kering, tahu diberi pelengkap bumbu pedas yang enak.

Bumbu ini diracik dari cabai rawit merah, merica bubuk, dan daun bawang. Paling pas jadi camilan sore pencinta pedas. Kalau mau membuatnya, intip saja resep berikut.

2. Tahu Goreng Ranjau

5 Resep Tahu Goreng Enak untuk Camilan Akhir PekanFoto: dok. detikFood

Foto: dok. detikFood
Masih versi pedas, ada tahu goreng isi 'ranjau' alias cabai rawit hijau yang bisa dibuat. Resep tahu ini memakai tahu goreng Sumedang yang gurih renyah. Isiannya perlu diracik sendiri.

Bahan isian tahu goreng ranjau antara lain kol, tauge, daun bawang, wortel, dan cabai rawit hijau. Supaya makin renyah, bikin sendiri adonan pelapis tahu goreng dari tepung beras dan tepung terigu. Resepnya ada di sini.

3. Tahu Fantasi

5 Resep Tahu Goreng Enak untuk Camilan Akhir PekanFoto: dok. detikFood

Foto: dok. detikFood
Tahu goreng yang satu ini dipadukan bihun. Teksturnya empuk dan agak kenyal. Tahu Fantasi diracik dari bahan utama tahu, telur ayam, bihun kering, dan wortel.

Sebelum digoreng, tahu perlu dikukus 30 menit dulu. Setelah itu dilapisi dalam adonan berbahan telur ayam. Bahan dan cara membuat Tahu Fantasi yang lengkap ada di sini.

4. Tahu Bakso

5 Resep Tahu Goreng Enak untuk Camilan Akhir PekanFoto: iStock

Foto: iStock
Tahu bakso mudah dibuat dengan bahan utama tahu goreng dan daging ayam giling. Nantinya adonan ayam giling bersama tepung dimasukan ke dalam tahu.

Tahu bakso lalu dikukus dengan isiannya sekitar 30 menit. Terakhir, tahu bakso digoreng hingga kuning kecokelatan. Pelengkapnya tentu saja cabai rawit hijau yang pedas! Yuk, lihat resep ini untuk bikin tahu bakso.

5. Perkedel Tahu Udang

5 Resep Tahu Goreng Enak untuk Camilan Akhir PekanFoto: iStock

Foto: iStock
Bosan tahu goreng biasa? Coba buat perkedel tahu dengan paduan udang. Teksturnya renyah di luar dan lembut di dalam. Perkedel tahu ini makin enak dicocol ke saus kacang.

Tak sulit membuat perkedel tahu udang. Bahan utamanya hanyalah tahu putih, udang kupas, dan kuning telur ayam. Penasaran membuatnya? Contek saja resep berikut ini.



Simak Video "Pedas Nampol Hidangan Sode Udang Khas Kutai"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)