Hii Jijik! Netizen Ini Tunjukkan Lalat Bertelur di Ayam Goreng

Devi Setya - detikFood
Jumat, 25 Mar 2022 18:00 WIB
Lalat Bertelur di Ayam Goreng
Foto: TikTok @anggiakunfake
Jakarta -

Jika memiliki makanan memang sebaiknya ditutup rapat agar tidak dihinggapi lalat. Seperti kejadian menjijikan saat makanan dihinggapi lalat yang sedang bertelur.

Seorang netizen pengguna akun Tiktok @anggiakunfake membagikan video saat dirinya hendak makan. Ia melihat pemandangan menjijikan pada ayam ungkep yang akan digorengnya. Seekor lalat hijau berukuran besar sedang asyik bertelur di salah satu potongan ayam.

Secara perlahan lalat ini mengeluarkan telur satu per satu. Tampaknya lalat ini sudah lama hinggap karena telur yang dikeluarkan sudah cukup banyak dan menumpuk di beberapa potongan daging ayam.

Lalat Bertelur di Ayam GorengLalat Bertelur di Ayam Goreng Foto: TikTok @anggiakunfake

Video yang diunggah pada, Kamis (24/3) ini lantas mengundang perhatian netizen. Banyak yang langsung merasa jijik melihat lalat bertelur pada makanan. Ada juga yang kemudian menceritakan pengalaman serupa saat makan makanan yang dihinggapi telur lalat.

Namun ternyata tidak sedikit yang baru tahu bentuk telur lalat.

"Sumpah gua kemarin makan di tempat Sop iga enak banget. dan ada putih-putihnya kaya gitu kirain bumbu tambahanya eh sekarang baru sadar setelah nonton," kata netizen yang baru tahu bentuk telur lalat.

"Makanya kalau masak itu jangan lupa nutup makanan pakai penutup apa aja. Jangan sampai dilalerin," sahut netizen lain.

"Tiap gua makan pasti lauknya gua terawang dulu takut ada begituannya," beber netizen.

Ketika dikonfirmasi DetikFood (25/3) Anggi mengaku tidak sengaja melihat lalat yang hinggap pada ayam yang sudah diungkep. Melihat hal ini, ia pun tidak jadi makan dan memilih untuk membuang makanannya.

"Pas makan siang mau goreng ayam tiba-tiba ada lalat hijau. Pas dilihat, ada telurnya banyak banget. Jadi jijik. Akhirnya gak jadi makan, aku buang ayamnya," jelas Anggi.

Lalat Bertelur di Ayam GorengLalat Bertelur di Ayam Goreng Foto: TikTok @anggiakunfake

Selain menjijikan, telur lalat juga bisa menyebabkan bahaya jika ikut termakan. Cikal bakal belatung ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti diare.

Dilansir dari Pet Survival Guide (25/3) jika tidak sengaja menyantap telur lalat pada makanan maka kemungkinan besar telur lalat ini akan mati sendiri ketika bersentuhan dengan enzim pencernaan dan asam lambung. Demikian juga ketika telur sudah menjadi larva ataupun belatung.

Meskipun bisa mati setelah terkena enzim dalam saluran pencernaan, tetap ada juga kasus telur lalat ataupun larva lalat yang menyebabkan penyakit seperti miasis usus. Miasis usus terjadi bila telur atau larva lalat ini bisa bertahan hidup saat masuk ke saluran cerna.

Efeknya antara lain nyeri perut, mual muntah, keluar larva dari feses hingga diare ringan. Oleh karenanya pastikan untuk menjaga kebersihan makanan sebelum menyantapnya. Jika melihat makanan yang dihinggapi lalat atau telur lalat, sebaiknya segera buang makanan tersebut.



Simak Video "Nyobain Ayam dan Bebek Goreng Rating Terendah di Aplikasi Online"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)