Lagi Asyik Makan Nasi Lemak, Netizen Ini Temukan Belatung dalam Daging Ayam!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 17 Mar 2022 11:30 WIB
Lagi Asyik Makan Nasi Lemak, Netizen Ini Temukan Belatung dalam Daging Ayam!
Foto: Facebook Irvin Yio
Jakarta -

Pria ini kecewa karena menemukan 'protein' tak diinginkan saat sarapan nasi lemak. Di dalam daging ayamnya ternyata bersembunyi belatung-belatung yang masih bergerak. Hiii.. Kok bisa ya?

Temuan hewan pada makanan bisa membuat mual seketika. Mulai dari lalat, kecoak, hingga belatung yang biasanya baru diketahui usai makanan tergigit. Pasalnya belatung hidup di dalam daging sehingga tak terlihat di bagian luar.

Pengalaman menjijikkan menemukan makanan mengandung belatung baru dialami netizen Singapura, Irvin Yio. Melalui akun Facebook peribadinya (12/3/2022), ia menceritakan detail kejadian ini.

Irvin Yio dan temannya mampir ke Changi Famous Food Centre yang beralamat di 2 Changi Village Rd. Datang pukul 04.30 pagi, mereka memesan set menu nasi lemak untuk sarapan seharga SGD 5 (Rp 52.389).

"Saat kami ingin menikmati nasi lemak, kami sadar bahwa mentimun dan otak-otaknya begitu kering. Lalu datang bagian paling menjijikkan! Saat saya makan daging ayamnya, saya sadar ini keras dan warnanya pucat," tulis Irvin Yio.

Lagi Asyik Makan Nasi Lemak, Netizen Ini Temukan Belatung dalam Daging Ayam!Irvin Yio menemukan belasan belatung di dalam lauk ayam goreng nasi lemaknya. Foto: Facebook Irvin Yio

Ia melanjutkan, saat daging ayamnya digigit, terlihat ada sekitar 15-20 belatung bergerak-gerak di dalamnya. Tak bisa menahan rasa jijik, Irvin Yio dan temannya langsung memuntahkannya. Mereka bahkan muntah di hadapan pegawai gerai makanan yang tengah tertidur.

Baca Juga: Hii Jijik! Ini Pengalaman Netizen Saat Temukan Belatung di Makanan

Kepada Coconuts (14/3/2022), Irvin Yio mengatakan, "Pihak gerai makanan tidak menanggapi kasus ini sama sekali, sampai saya menginstruksikannya untuk membuang semua sisa makanan dan meminta pengembalian dana." Menurut Irvin Yio, mereka seperti pasrah melakukan apa yang diminta dirinya.

Irvin Yio juga sudah menghubungi Singapore Food Administration untuk melaporkan temuan ini, namun belum ditanggapi. Ia berharap pengalaman menjijikkan ini cukup dialami dirinya, tidak ada lagi 'korban' lainnya. Ia pun mengaku belakangan jadi trauma makan ayam dan nasi lemak.

Pengalaman menemukan belatung dalam makanan juga pernah dialami netizen TikTok @phrincedull (18/6/2021) yang berdomisili di Indonesia. Saat asyik makan ikan balado, ia melihat ada sekumpulan belatung yang tengah menggeliat di bagian kepala ikan goreng.

Jijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi DimakanPenemuan belatung juga pernah di kepala ikan balado yang sedang dimakan oleh seorang netizen. Foto: TikTok/phrincedull

Seketika ia berhenti makan dan begitu mual. Pasalnya bagian ikan yang didiami belatung-belatung tersebut juga sudah mulai bolong.

Baca Juga: Jijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi Dimakan

Lantas mengapa belatung bisa hidup di makanan? Penyebabnya ternyata lalat betina yang menghinggapi daging lalu bertelur di sana. Daging yang dimaksud adalah daging mentah maupun matang yang biasanya ditaruh di tempat terbuka.

Lalat betina merasa daging adalah tempat ideal untuk bertelur karena kondisinya yang hangat. Telur-telur pun bisa terus berkembang hingga menetas. Kemudian ketika telur menjadi belatung, mereka bakal mengonsumsi daging dengan cara menggali jaringan.



Simak Video "Bikin Laper: Lahap Makan Nasi Lemak dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)