Jijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi Dimakan

Diah Afrilian - detikFood Minggu, 20 Jun 2021 17:00 WIB
Jijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi Dimakan Foto: TikTok/phrincedull
Jakarta -

Memastikan makanan bersih harus dilakukan. Jangan sampai seperti netizen TikTok ini yang temukan belatung di kepala ikan yang lagi dimakan.

Makanan yang sudah matang sekalipun mungkin saja masih ada kotoran dan bakteri yang menempel. Sebelum mulai makan memastikan bahwa makanan sudah benar-benar bersih harus tetap dilakukan.

Selain itu saat menikmati makanan juga tetap harus berhati-hati sebelum menyuapkan makanan masuk ke dalam mulut. Hal tersebut untuk menghindari adanya kotoran yang tidak terlihat dan berada di bagian dalam makanannya.

Jangan sampai seperti yang dialami oleh salah satu netizen TikTok yang mengalami hal menjijikan saat sedang makan. Hewan yang seharusnya tidak ada dalam makanan terlihat berkumpul dalam sepotong kepala ikan yang tengah ia santap.

Jijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi DimakanJijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi Dimakan Foto: TikTok/phrincedull

Dilansir melalui akun TikTok @phrincedull (18/6) sebuah video yang diunggah melalui akun TikTok @phrincedull menunjukkan sesuatu yang tak biasa ada di atas kepala ikan yang tengah disantap. Sekumpulan belatung tengah menggeliat di antara kepala ikan goreng yang tengah disantap bersama sepiring nasi, sambal dan sayuran.

Baca juga: Hii Jijik! Ini Pengalaman Netizen Saat Temukan Belatung di Makanan

Hal tersebut sontak mengejutkan sang pemilik akun. Ia bahkan langsung berhenti makan dan seketika mual dengan makanan yang ada di hadapannya.

Masih belum diketahui pasti darimana sekelompok belatung itu muncul dan menempel pada kepala ikan tersebut. Bahkan bagian yang didiami belatung-belatung tersebut sudah terlihat mulai bolong.

Dul kemudian membagikan pengalaman mengejutkannya tersebut melalui akun TikTok pribadi miliknya. Tidak disangka unggahan tersebut justru mendadak viral dan banyak dilihat serta dibagikan oleh para pengguna TikTok lainnya hingga dibagikan pada media sosial lainnya.

"Selamat makan siang semuanya," tulis @phrincedull yang memperbesar bagian dimana belatung tersebut berkumpul.

Jijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi DimakanJijik! Netizen Temukan Belatung di Kepala Ikan yang Lagi Dimakan Foto: TikTok/phrincedull

Dikonfirmasi oleh detikcom (19/6) unggahan tersebut bahkan telah dilihat hingga hampir 890 ribu pengguna TikTok. Beragam respon juga terlihat memenuhi kolom komentar pada unggahan tersebut.

"Aku pernah juga anjir, di situ langsung gak mood buat makan," tulis akun aldiramdani384.

"Nah untung kalo makan milih-milih dan teliti banget," tulis akun tarizeet.

Belatung diketahui berasal dari telur lalat yang menetas. Lalat betina akan dengan mudah bertelur saat hinggap pada sebuah permukaan. Baik permukaan benda hingga pada permukaan makanan sekali pun.

Menurut dr. Reni Utari pada SehatQ (24/3) lalat betina dapat menghasilkan telur belatung sebanyak 75 hingga 150 butir telur dalam satu sesi bertelur. Maka bisa dibayangkan berapa banyak belatung yang kira-kira bisa hidup dan tumbuh pada permukaan yang dihinggapi lalat tersebut termasuk permukaan makanan salah satunya.

Baca juga: Asyik Makan Nasi Padang, Netizen Ini Histeris Temukan Banyak Belatung



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com