Keren! Kafe di Karawang Ini Mempekerjakan Anak Yatim Piatu

Riska Fitria - detikFood
Senin, 21 Mar 2022 13:30 WIB
Perwira Kopi Karawang
Foto: Instagram @perwirakopikarawang
Jakarta -

Berbisnis sambil beramal, sebuah kafe di Karawang, Jawa Barat mempekerjakan anak yatim piatu di lingkungan usahanya. Mulai dari jadi barista hingga pelayan.

Nongkrong di kafe kini telah menjadi gaya hidup. Maka tak heran jika kafe-kafe menjamur di setiap daerah dengan mengusung berbagai konsep kekinian, sehingga jadi tempat nongkrong favorit anak milenial.

Tak hanya konsep kekinian saja, ada pula kafe yang memiliki aksi sosial dalam menjalankan usahanya. Seperti yang dilakukan oleh Perwira Kopi, kafe yang berlokasi di Jalan HS.Ronggo Waluyo No 90, Karawang, Jawa Barat.

Kafe kekinian milik anggota kepolisian ini mempekerjakan anak yatim piatu di lingkungan usahanya. Kepada detikFood (19/03) Bripka Robi Mulyadi, SH selaku pemilik kafe mengatakan bahwa ia ingin membantu anak yatim piatu.

Baca Juga: Scarlett's Cafe: Kafe 'Aesthetic' di PIK yang Punya Tiramisu Enak

Perwira Kopi KarawangPerwira Kopi Karawang memperkerjakan anak yatim piatu di lingkungan usahanya Foto: Instagram @perwirakopikarawang

"Karena saya ingin menjalankan aksi sosial saja, dan dari segi agama itu juga bagus karena membantu anak yatim piatu, supaya dalam usahanya juga menjadi berkah," ujar Bripka Robi.

Lebih lanjut, Bripka Robi merekrut anak yatim piatu sebagai pegawai di Perwira Kopi dengan melakukan training. Berbekal dari pengalamannya yang pernah belajar menjadi barista.

"Dulu saja itu pernah jadi ajudan dan sering menemani bos rapat di hotel-hotel. Kalau lagi nunggu kan suka ngopi, jadi sekalian belajar-belajar sama baristanya jadi paham," tuturnya.

Keberkahan dengan mempekerjakan anak yatim piatu pun langsung dirasakan oleh Bripka Robi. Setelah dua bulan membuka Perwira Kopi, modal yang dikeluarkan langsung kembali karena tingginya minat pengunjung.

Baca Juga: Inspiratif! 3 Kafe ini Punya Karyawan Para Difable

Perwira Kopi KarawangMenu Ceker Kampus yang jadi menu andalan di Perwira Kopi Karawang Foto: Instagram @perwirakopikarawang

"Ternyata ini hikmahnya merekrut anak yatim piatu," ujar Bripka Robi.

Selain kopi, Perwira Kopi juga menawarkan berbagai menu makanan dan camilan dengan harga yang relatif terjangkau. Salah satu menu andalannya adalah Ceker Kampus dengan cita rasa pedas.

Tak hanya Ceker Kampus saja, tetapi juga ada makanan berat seperti paket nasi ayam, nasi goreng lengkap dengan camilan seperti jagung susu keju, dimsum, burger dan masih banyak lagi.

Perwira Kopi KarawangMenu yang ditawarkan oleh Perwira Kopi Karawang Foto: Instagram @perwirakopikarawang

"Untuk menu-menu yang ditawarkan itu saya sendiri yang menentukan. Saya juga terinspirasi dari menu-menu yang sering ditawarkan oleh kafe-kafe lainnya seperti di Jakarta atau Bandung," tutur Bripka Robi.

Perwira Kopi sendiri mengusung konsep outdoor minimalis dengan hiburan berupa live music setiap hari. Karena lokasinya yang diapit dua kampus, mayoritas pengunjung kafe ini adalah anak-anak kuliahan.

Baca Juga: 5 Kafe Kekinian di Karawang Ini Jadi Tempat Nongkrong Seru



Simak Video "Seduhan Kopi Bor di Padang Savana Bromo Hadirkan Sensasi Berbeda"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)