Inspiratif! 3 Kafe ini Punya Karyawan Para Difable

Riska Fitria - detikFood Minggu, 21 Jul 2019 17:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kafe dengan konsep unik biasanya ada pada interior dan menu makanannya saja. Namun kafe ini unik lantaran pelayannya dari kaum difable.

Menjadi difable tidak melunturkan semangat dari pelayan-pelayan ini. Mulai dari tunarungu hingga tunadaksa mereka tampak sigap melayani pelanggan di kafe. Jika Anda penasaran, Anda bisa kunjungi 3 kafe yang dilayani oleh para difable ini.

1. Kopi Tuli
Inspiratif! 3 Kafe ini Punya Karyawan Para DifableFoto: Youtube Kopi Tuli

Kopi Tuli merupakan sebuah kedai kopi. Sesuai dengan namanya, kedai ini dilayani oleh orang-orang tunarungu. Meskipun begitu, kedai ini memiliki translator yang juga merupakan pemilik dari Kedai Tuli Ini. Mereka adalah Andhika, Trierwinsyah dan Putri. Berlokasi di Jalan Krukut Raya, No. 70 Cinere, Depok, kafe ini sudah ada dari 12 Mei 2018 lalu.

Kopi Tulis dikenal dengan singkatan koptul. Uniknya setiap menu kopi di sini diberi simbol huruf, sehingga pelanggan yang ingin memesan cukup menyebutkan huruf tertentu saja. Kopi ini dikemas dalam gelas plastik yang kemasannya terdapat gambar bahasa isyarat sederhana.

Baca Juga : 5 Kafe Romantis di Jakarta Pusat yang Cocok dikunjungi Bareng Pasangan

2. Deaf Fingertalk
Inspiratif! 3 Kafe ini Punya Karyawan Para DifableFoto: dok detikNews

Nama fingertalk dipakai untuk menggambarkan kafe ini yang mana pelayannya merupakan tunarungu. Sehingga untuk berkomunikasi menggunakan bahasa isyarat dengan jari-jari tangan. Mulai berdiri sejak 15 Mei 2016, kafe ini didirikan oleh perempuan bernama Syakina Ahdaniaa. Kafe ini buka mulai dari pukul 08.00 pagi hingga 00.00 dini hari.

Menu-menu yang ditawarkan ada mulai dari ayam bakar, nasi agam goreng, capcai, jus dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun terbilang terjangkau, yakni sekitar Rp. 8.000 untuk menu minuman dan Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 untuk menu makanan. Selain berupa kafe, tempat ini juga tersedia untuk cuci mobil juga. Anda bisa kunjungi di Jalam Cinere, No. 26, Limo, Depok.

3. Sunyi House of Coffee and Hope
Inspiratif! 3 Kafe ini Punya Karyawan Para DifableFoto: Instagram @mrgattotmakan

Belum lama berdiri, kafe ini didirikan oleh sekelompok pemuda yaitu Mario Gultom, Almas Nizar, Yo Renno, Ferlandk Gracia, Irfan Alvianto. Diberi nama Sunyi House lantaran barista di kafe ini merupakan tunadaksa. Ada yang hanya dengan satu tangan, ada pula yang harus menggunakan kursi roda.

Lokasinya berada di Jalan RS Fatmawati No.15 Jakarta Selatan. Lokasinya sangat strategis sehingga mudah untuk ditemui. Sajian menunya yang lezat membuat kafe ini diminati oleh pelanggan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 50.000 untuk menu kopi atau minuman lain. Dan Rp. 80.000 untuk menu makanannya.

Baca Juga : Unik! Restoran Ini Hanya Sajikan Ikan yang Berhasil dipancing Pengunjung (raf/odi)