5 Restoran Indonesia Sukses di Luar Negeri, Jual Indomie hingga Soto Betawi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Senin, 14 Mar 2022 15:00 WIB
Viral Restoran Indonesia di Jepang Jual Soto Betawi Rp 160 Ribu
Foto: Instagram sotobetawimiyamoto
Jakarta -

Perlahan tapi pasti, makanan Indonesia mulai mendunia. Hal ini terlihat dari kehadiran restoran-restoran Indonesia yang sukses di luar negeri. Lima berikut termasuk di antaranya.

Menemukan makanan Indonesia di luar negeri kini bukan perkara sulit. Pasalnya di banyak negara hadir tempat makan yang menyajikan makanan Indonesia. Konsepnya ada yang seperti warung kopi (warkop), warung makan, hingga restoran.

Menu yang ditawarkan beragam dan coba dibuat seautentik mungkin agar orang luar negeri bisa merasakan makanan Indonesia yang sebenarnya. Mulai dari soto Betawi, nasi Padang, hingga Indomie ternyata jadi buruan di luar negeri.

Restoran Indonesia di luar negeri ini juga seolah menjadi penebus rasa kangen para Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di negara tersebut. Tak bisa dipungkiri, orang Indonesia pasti kangen dengan makanan tradisional Indonesia.

detikfood merangkum 5 restoran Indonesia yang sukses di luar negeri dan memiliki kisah mencuri perhatian. Berikut daftarnya:

1. Warkop NYC

Warkop di New YorkWarkop NYC sajikan aneka Indomie hingga bakwan di Manhattan. Foto: Twitter @pinotski/ Instagram @warkopnyc

Belum lama ini kehadiran warung kopi alias warkop Indonesia 'mengguncangkan' New York. Namanya Warkop NYC yang berlokasi di Manhattan. Warkop ini viral setelah kisahnya dibagikan @pinotski di Twitter.

Ia menyebut Warkop NYC tengah digandrungi masyarakat sekitar. Menu utamanya mie instan Indonesia, Indomie dalam tiga pilihan rasa. Ada mie instan goreng, ayam bawang, dan BBQ. Mie bisa ditambahkan topping seperti telur, keju, sosis, hingga kornet. Harga semangkuk mie instan mulai dari USD 3 (Rp 43 ribuan) tanpa topping.

Selain mie instan Indomie, ada juga camilan gurih dan manis seperti bakwan, tahu goreng, tempe goreng, roti bakar, hingga pisang bakar ala warkop. Pemiliknya, Omar Karim Prawiranegara sengaja menghadirkan warkop Indonesia di New York untuk memperkenalkan sisi lain dari kuliner Indonesia.

Baca Juga: Pilih Buka Warkop di New York City, Ini Alasan Keren Pemiliknya

2. Awang Kitchen

5 Fakta Awang Kitchen, Resto di New York yang Jual Nasi Padang BungkusAwang Kitchen menawarkan nasi Padang bungkus daun pisang di Elmhurst, New York. Foto: Instagram awangkitchennyc

Membicarakan restoran Indonesia di New York tak bisa meninggalkan Awang Kitchen di Elmhurst yang sudah hadir sejak 2017. Restoran ini kembali menarik perhatian saat dikunjungi selebgram-selebgram Indonesia dalam rangkaian New York Fashion Week pada pertengahan tahun 2021.

Mereka mencari kenikmatan nasi Padang bungkus, salah satu menu favorit di Awang Kitchen. Isiannya ada dendeng balado, ayam gulai, dan banyak lainnya. Tersedia juga pelengkap seperti gulai nangka, irisan mentimun, dan perkedel.

Selain nasi Padang, Awang Kitchen punya puluhan makanan tradisional Indonesia lain. Beberapa di antaranya adalah batagor, pempek Palembang, bubur ayam Betawi, nasi goreng tek-tek, ayam goreng kremes, gado-gado, rujak juhi, bakso beranak, soto ayam Lamongan, sampai karedok. Untuk dessert dan camilan tradisionalnya juga tak kalah menggugah selera.

Melihat sejarahnya, Awang Kitchen adalah milik Siliwanga yang akrab disapa Awang. Ia datang ke New York tahun 2000 dan memulai karir sebagai pegawai sebuah restoran di Amerika Serikat. Pria asli Betawi ini bahkan pernah bekerja sebagai tukang cuci piring. Baru kemudian pada 2017 ia sukses membuka Awang Kitchen di 8405 Queens Boulevard, Elmhurst, New York.

Baca Juga: 5 Fakta Awang Kitchen, Resto di New York yang Jual Nasi Padang Bungkus

3. Medan Kitchen

Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di CaliforniaNenek 75 tahun asal Medan sukses buka restoran Indonesia di California. Foto: Foodbeast

Di California, Amerika Serikat, restoran Indonesia yang mencuri perhatian adalah Medan Kitchen yang berlokasi di Rosemead. Penjualnya bukan anak muda, melainkan nenek 75 tahun asal Medan. Adalah Siu Chen yang memang hobi memasak sejak dulu.

Siu membuka restorannya 4 hari seminggu, mulai dari Kamis hingga Minggu. Di Medan Kitchen ia masak mulai pukul 6 pagi. "Semua masak pagi dulu. Satu hari bisa bikin 30 macam lauk," ujarnya.

Ia menawarkan banyak makanan Indonesia, salah satu yang jadi andalan adalah lontong sayur Medan. Sayur gurihnya tetap dibuat pedas oleh Chen. Pelengkapnya juga banyak, termasuk telur balado dan keripik kentang. Lalu ada juga menu nasi kuning aneka lauk, nasi Padang, nasi goreng kampung, mie gerobak, hingga tahu goreng kriuk.

Harga menu paket di sini mulai dari USD 10 atau sekitar Rp 145 ribu. Dalam menjalankan Medan Kitchen, Chen dibantu dua anak, dua menantu, dan dua cucunya. "Kalau ngga (dibantu), ngga sanggup juga," kata Chen.

Baca Juga: Nenek 75 Tahun Asal Medan Ini Sukses Buka Restoran Indonesia di California

Kisah sukses restoran Indonesia di luar negeri masih ada di halaman selanjutnya.



Simak Video "5 Fakta Nasi Padang Babi yang Viral di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]