ADVERTISEMENT

Pilih Buka Warkop di New York City, Ini Alasan Keren Pemiliknya

Devi Setya - detikFood
Minggu, 06 Mar 2022 17:30 WIB
Warkop di New York
Foto: Twitter @pinotski/ Instagram @warkopnyc
Jakarta -

Sebuah warkop di New York berhasil menyita perhatian banyak orang. Sang pemilik mengungkap alasan dibukanya warkop yang menjual mie instan dan bakwan ini.

Cuitan Twitter @pinotski soal Warkop NYC langsung mendapat perhatian netizen. Banyak yang bangga dengan adanya warkop di New York. Tempat makan yang menjamur di Indonesia ini juga menghadirkan konsep yang sengaja dibuat mirip dengan warkop di Indonesia.

Warkop ini bahkan turut mengundang perhatian Axton Salim, Direktur Indofood yang mengucapkan selamat lewat Instagrammya atas dibukanya warkop ini. Seperti apa sebenarnya ide dan konsep warkop ini?

Warkop di New York CityPemilik Warkop di New York City Foto: instagram @omar.k.prawiranegara

Kepada Detikcom (6/3) Omar Karim Prawiranegara selaku founder Warkop NYC membeberkan alasan di balik hadirnya warkop ini.

"Kita merasa warkop yang merupakan everyday place for everyone di Indonesia cocok dengan karakter kota New York yang punya fast pace dan juga melting point utk exposure sebuah brand. Keresahan kita akan exposure kuliner dan juga pop culture Indonesia di dunia luar sampai saat ini masih samar2," ujar Omar.

Lebih lanjut, Omar menjelaskan bahwa ia ingin Indonesia tidak hanya dikenal lewat sedikit budaya, padahal di Indonesia punya segudang ciri khas yang patut ditunjukkan di mata dunia.

"Kita ingin Indonesia ga cuma dikenal hanya lewat batik dan wayang, kita punya banyak sekali karya creative anak muda yang bisa diangkat, nah kami berharap Warkop NYC ini bisa menjadi hub cult tersebut, bisa nongkrong nikmatin indomie sambil bahas mungkin karya seni teman2 Indonesia yang di pajang warung," tambahnya.

Apalagi Omar sedikit menyinggung soal rasa Indomie yang sudah diakui sebagai mie instan terbaik versi NY Magz. "Ditambah lagi momentum Indomie goreng dinobatkan sebagai the best instant noodle oleh NY Magz juga bisa lgsg dirasakan experiencenya disini oleh newyorker," kata Omar.

Dalam membangun Warkop NYC ini, Omar tidak sendiri karena ia ditemani rekannya Teguh Chandra. Keduanya kemudian bertemu dengan Cut Lakeisha Salsabila di New York yang kemudian bergabung menjadi partner. Ketiganya ini merencanakan bisnis warkop di New York sejak Agustus 2021.

Warkop di New YorkWarkop di New York Foto: Twitter @pinotski/ Instagram @warkopnyc

Sejak resmi dibuka pada 3 Maret 2022 ini, Omar mengatakan respon masyarakat sangat antusias terutama WNI.

"Sampe rela antri sampe 30 menit karena tempat kita terbatas hanya 20 kursi. Banyak juga yg jadikan warkop kami semacam destinasi wisata, foto-foto, bikin blog atau sekedar nostalgia selama kuliah dulu di daerah masing-masing," kata Omar.

Untuk varian menu yang ditawarkan di warkop ini, Omar menjelaskan menu Indomie goreng dan bakwan jadi yang paling laku. Diakui Omar, stok Indomie di Amerika cukup terbatas jadi ia menyiasati dengan varian yang tersedia di pasar.

Sudah ramai sejak hari pertama dibuka, Omar mengaku memiliki harapan dan target. "Kita punya target apabila memang pasar teredukasi terutama local (bule) sudah 60% dari tamu kita akan buka di beberapa state (negara bagian). Kita mau jadikan warkop waralaba yg tersebar di banyak tempat," pungkasnya.



Simak Video "Tergoda Mie Hotplate Viral yang Laris Manis di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT