ADVERTISEMENT

Wanita Ini Habiskan Rp 500 Ribu Untuk Beli Nasi Rames dan Gulai Jengkol di Belanda

Devi Setya - detikFood
Jumat, 11 Feb 2022 17:30 WIB
Wanita Ini Habiskan Rp 500 Ribu Untuk Beli Nasi Rames dan Gulai Jengkol di Belanda
Foto: YouTube Inces Bolang
Jakarta -

Agak sulit menemukan makanan Indonesia di luar negeri. Kalaupun ada, harganya akan mahal. Seperti nasi rames, cumi cabe ijo dan gulai jengkol yang dibanderol harga Rp 500 ribu di Belanda.

Di Indonesia sangat mudah menjumpai nasi Padang, nasi rames hingga olahan jengkol. Harganya pun bersahabat. Tapi lain cerita jika sudah ada di Belanda, menu makanan ini pun harganya bisa melonjak tajam.

Seorang YouTuber asal Indonesia yang tinggal di Belanda berbagi pengalaman saat makan menu makanan khas Indonesia. Lewat channel YouTubenya Inces Bolang, wanita bernama Nanda Gita ini berbagi momen saat makan di restoran Indonesia yang ada di Belanda.

Wanita Ini Habiskan Rp 500 Ribu Untuk Beli Nasi Rames dan Gulai Jengkol di BelandaTampilan makanan Indonesia di Belanda Foto: YouTube Inces Bolang

Nanda Gita berkunjung ke restoran Warung Annisah yang berlokasi di Utrecht, Belanda. Ia sengaja datang ke restoran ini untuk mengobati rasa kangen makanan Indonesia sekaligus menemani sahabatnya yang datang dari Belgia demi mencicip makanan Indonesia.

Di restoran ini berbagai makanan Indonesia tersaji hangat. Menunya beragam mulai dari gado-gado, sate, lontong Medan, nasi padang, lumpia ayam hingga botok teri. Aneka menu ini tertulis di papan yang sengaja diletakkan di area depan restoran.

"Hari ini aku mau makan nasi Padang. Katanya ada orang baru jual nasi Padang di Utrecht, karena biasanya hanya ada di kota Den Haag, itu jaraknya 80 kilometer dari Utrecht. Dan sekarang kita mau coba yang di dekat rumah aku," kata Nanda Gita dalam video yang sudah dikonfirmasi DetikFood (11/2).

Tiba di restoran ini, ternyata ada beberapa warga Indonesia yang juga sudah bersiap ingin makan di sini.

Pemilik resto yang juga orang Indonesia ini menyambut ramah Nanda Gita. Ia menawarkan beberapa menu makanan seperti burung cabe ijo, cumi cabe ijo, gulai jengkol dan berbagai menu lainnya.

Nanda Gita pun tergoda menyantap nasi Padang. Seporsi nasi dengan lauk rendang, dendeng balado, telur balado, sayur nangka, jengkol, sambal teri dan gulai daun singkong dilahapnya sebagai menu makan siang.

"Ini enak banget, daging burung empuk kayak ayam muda. Cabenya juga enak banget," kata Nanda Gita.

Ia juga mengomentari rendang yang rasanya enak namun tergolong jenis rendang basah. "Rendangnya rendang basah, rendang Belanda begini kalau rendang Indonesia kan lebih kering," ujar Nanda Gita.

Wanita Ini Habiskan Rp 500 Ribu Untuk Beli Nasi Rames dan Gulai Jengkol di BelandaWanita Ini Habiskan Rp 500 Ribu Untuk Beli Nasi Rames dan Gulai Jengkol di Belanda Foto: YouTube Inces Bolang

Puas makan, wanita yang menikah dengan pria Belanda ini juga membeli nasi rames, cumi cabe ijo dan juga gulai jengkol. Setelah sampai rumah, Nanda Gita membeberkan harga untuk makanan yang dibungkusnya ini.

"Nasi rames dengan lauk telur dan tempe harganya 12 Euro atau sekitar Rp 200 ribu. Ini aku beli juga jengkol sama cumi cabe ijo. Total aku beli sekitar Rp 500 ribuan. Ini aku bukan ngeluh ya tapi seberharga itu makanan Indonesia di sini. Makanya aku jarang makan di restoran Indonesia sini karena memang harganya mahal," beber Nanda Gita.

Nanda yang tinggal di Utrecht Belanda ini juga sebenarnya punya bisnis jualan makanan Indonesia namun ia bisa menjualnya dengan harga murah. Beragam makanan Indonesia dibuat dan dijual Nanda Gita seperti rendang, batagor hingga siomay.



Simak Video "Hidangan Lebaran: Nasi Opor Gosong Khas Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT