Wanita Indonesia Ini Curhat Susahnya Cari Kecap Manis di Sydney

Devi Setya - detikFood
Jumat, 04 Feb 2022 12:30 WIB
Wanita Indonesia Ini Curhat Susahnya Cari Kecap Manis di Sydney
Foto: TikTok@melinda.chia
Jakarta -

Mencari beberapa bahan makanan Indonesia di luar negeri memang agak sulit. Seperti pengalaman seorang wanita yang susah mendapatkan kecap manis.

Di Indonesia, kecap manis termasuk bumbu tambahan yang lazim ditambahkan dalam berbagai makanan. Rasanya yang manis legit membuat kecap manis ini cocok ditambahkan pada bubur ayam, nasi goreng atau bahkan nasi dengan lauk.

Namun di luar negeri ternyata agak sulit menemukan kecap manis. Seperti di Sydney, Australia yang sulit menemukan kecap manis.

Wanita bernama Melinda Chia mengunggah video ketika ia mencari kecap manis di Sydney, Australia. Ia sudah mendatangi supermarket Asia namun tak menemukan olahan kedelai hitam yang rasanya manis legit ini.

Wanita Indonesia Ini Curhat Susahnya Cari Kecap Manis di SydneySusahnya Cari Kecap Manis di Sydney Foto: TikTok@melinda.chia

Lewat akun Tiktoknya @melinda.chia, ia menceritakan susahnya mencari kecap manis. "Gak bisa, lagi nyari kecap manis. Tanya pelayannya 'permisi, kalian ada kecap manis ga ya?' terus dibawa ke sini. Tulisannya kecap manis tapi kayak kecap dikasih air," kata Melinda dalam video yang sudah dikonfirmasi DetikFood (4/2).

Melihat kecap manis yang ditunjukkan sang pelayan toko, Melinda hanya bisa tertawa dan mengatakan kalau ini bukanlah kecap manis. Lewat videonya, ia juga bertanya pada siapapun yang tahu tempat dimana beli kecap manis di Sydney.

"Yang tinggal di Sydney, kasi tau gue beli kecap manis Bango dimana?" tanya Melinda.

Melinda yang sedang menempuh pendidikan di Sydney ini memang beberapa kali mengunggah konten yang menyatakan dirinya kangen makanan Indonesia. Tinggal di Australia membuat ia agak kesulitan mencari makanan yang banyak dijumpai di Indonesia.

Video yang diunggah pada 1 Februari lalu ini langsung mengundang reaksi netizen. Banyak yang menyarankan Melinda untuk datang ke supermarket Asia namun tak sedikit yang juga menyarankan untuk membawa dan membeli kecap manis di Indonesia.

"Hal pertama yg paling gw takutin kalo keluar negeri adalah gw ga bisa makan karna lidah gw bener2 made in Indonesia wkwkwk," kata netizen.

"Di indonesia market deket stasiun punchbowl. Ada merk bango ama abc cuma agak pricey kalo gak salah," saran satu netizen.

"Toko / supermarket asia kak coba aja. soalnya orang indo yg nyari produk indo di toko asia," sahut netizen lainnya.

Wanita Indonesia Ini Curhat Susahnya Cari Kecap Manis di SydneyMelinda berfoto dengan Kecap Manis di Sydney Foto: TikTok@melinda.chia

Ketika dihubungi detikFood (4/2) Melinda mengaku tak menyangka videonya viral sehingga mendapatkan banyak masukan dari netizen. Selang beberapa hari sejak videonya viral di TikTok, Melinda akhirnya menemukan kecap manis.

Tak tanggung-tanggung, ia pun langsung membeli kecap manis dalam kemasan botol besar. "Sekarang saya sudah punya kecap manis untuk satu bulan," kata Melinda. Ia membeli kecap merek ABC kemasan botol beling.

Dengan kecap ini, diakui Melinda ia bisa makan apapun dengan tambahan kecap manis.



Simak Video "Bikin Laper: Aneka Potato Cheese Bread ala Korea di Tengah Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)