Heboh Warkop di New York, Sajikan Mie Instan hingga Gorengan ala Indonesia

Devi Setya - detikFood
Minggu, 06 Mar 2022 11:00 WIB
Warkop di New York
Foto: Twitter @pinotski/ Instagram @warkopnyc
Jakarta -

Warkop satu ini berhasil menarik perhatian banyak orang. Berlokasi di New York City, warkop ini siap memanjakan warga Amerika Serikat dengan mie instan dan gorengan ala Indonesia.

Warkop termasuk satu tempat makan ikonik di Indonesia. Warkop yang merupakan singkatan dari Warung Kopi ini punya menu khas yang sebenernya sederhana namun menjadi favorit banyak orang.

Aneka hidangan khas di warkop antara lain mie instan, bubur kacang ijo hingga aneka gorengan. Harganya yang murah serta sensasi makan yang santai membuat warkop tak pernah sepi pembeli.

Warkop di New YorkWarkop di New York Foto: Twitter @pinotski/ Instagram @warkopnyc

Nah kalau warkop satu ini berlokasi di tempat spesial, yakni di Manhattan, New York, Amerika Serikat. Sebuah cuitan Twitter dari akun @pinotski berhasil membuat warkop ini langsung jadi perbincangan di media sosial.

"Menjajal Warkop NYC yang sedang ramai itu. Akhirnya ada tempat nongkrong di Manhattan, bisa ngajak temen kantor buar nyicip indomie (note: sebelum bilang mahal, harga ini termasuk ekonomis sesuai pendapatan penetap di sini - kurleb empat kali pendapatan rata2 di tanah air)," tulis Pinot pada thread yang ia unggah Sabtu (5/3).

Lebih lanjut pria asli Indonesia yang bekerja sebagai animator di Amerika Serikat ini mengatakan harga satu mangkuk mie instan porsi single yakni $3 atau sekitar Rp 43 ribuan. Harga ini belum termasuk pelengkap seperti telur, kornet atau keju.

Masih lewat cuitannya ini, Pinot juga menceritakan pengalaman seru ketika menikmati mie instan di Warkop NYC ini. Ia melihat ada beberapa tentara Amerika Serikat yang ikut memesan mie instan.

"Yang menarik, pengunjungnya cukup diverse. Saat kami datang ada satu group US ARMY yg memesan indomie. Seru ngeliatnya," lanjutnya.

Warkop di New YorkWarkop di New York Foto: Twitter @pinotski/ Instagram @warkopnyc

Kalau di Indonesia mie instan kerap diklaim sebagai makanan murah, lain ceritanya saat disajikan di Amerika Serikat, menu ini jadi makanan mewah.

"Suhu minus derajat, suasana NYC. Kami bilang ini indomie sultan, krn penampakan & rasa ala fancy dining tapi harga food cart ala rakjel NYC. I mean, di Manhattan bisa dapet vibe warungan gini adalah kemewahan tersendiri," beber Pinot yang sedikit bisa mengobati rasa rindu tanah air.

Dari pantauan DetikFood (6/3) lewat Instagram resmi Warkop NYC, warkop ini baru beroperasi tepat pada tanggal 3 Maret. Pemiliknya adalah Omar Karim Prawiranegara.

Lewat postingan instagramnya ini, bisa dilihat desain warkop yang menempati bangunan mungil namun cukup ikonik. Omar menghadirkan kursi merah khas warkop sebagai tempat duduk pengunjung. Ia juga menata berbagai bahan baku dagangannya di atas rak yang bisa dilihat banyak orang.

Untuk menu makanannya yang ditawarkan juga cukup menarik. Tentunya yang menjadi andalan adalah mie instan. Ada tiga pilihan rasa mie instan yakni mie instan goreng, ayam bawang dan bulgogi.

Sementara pilihan toppingnya ada banyak mulai dari telur, keju, sayuran, sosis hingga kornet. Masing-masing tambahan topping ini dibanderol mulai $2 sampai $6 atau Rp 28 ribu sampai Rp 86 ribuan.

Sementara untuk camilannya, di Warkop NYC ini menyediakan bakwan, tempe goreng, tahu goreng hingga bakwan jagung. Ada juga menu manis seperti roti bakar dan pisang bakar ala warkop.
Nah untuk yang hobi minum soda gembira alias campuran kental manis dan minuman soda, kamu bisa juga menikmatinya di sini.

Omar sebenarnya bukan pemain baru dalam urusan bisnis kuliner. Sebelumnya ia memiliki kafe Dua Coffee yang juga dibuka di Amerika Serikat tepatnya di Washington DC.

Warkop di New YorkWarkop di New York Foto: Twitter @pinotski/ Instagram @warkopnyc

Adanya Warkop NYC ini pun mengundang komentar netizen. Banyak yang bangga karena warkop Indonesia go internasional, namun tak sedikit juga yang melemparkan komentar nyeleneh.

"Pengen buka ginian juga di florida tapi aku tinggal di probolinggo," kata netizen.

"Tampilan depannya eye catching suka sama warna kursi merahnya," puji netizen yang melihat desain Warkop NYC ini.

"Tapi suasana nya apakah sudah "warkop" banget mas? Boleh naik kaki ke bangku gak?" tanya netizen.

Tak hanya netizen, Axton Salim, Direktur Indofood juga ikut memberi komentar. Ia mengungkapkan rasa bangga karena ada warga Indonesia yang membuka warkop di Amerika Serikat.

"Salute @omar.k.prawiranegara and team @warkopnyc for bringing Indonesia Warkop culture and food to the hearts Hell's kitchen district, New York. Semoga makanan Indonesia membawa kenyamanan bagi masyarakat New York," ujar Axton Salim. Ia juga mengucapkan terima kasih karena sudah diberi sepasang sepatu dengan tulisan Warkop NYC.



Simak Video "Viral Warkop di New York City, Sandiaga Uno Ikut Bangga"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)