Saingan Warteg Gang Mangga, 5 Warteg di Luar Negeri Ini Punya Lauk Komplet

Devi Setya - detikFood Selasa, 28 Sep 2021 18:00 WIB
Saingan Warteg Gang Mangga, 5 Warteg di Luar Negeri Ini Punya Lauk Komplet Foto: instagram instagram @warteg_gembul
Jakarta -

Warteg bukan hanya eksis di Indonesia, tetapi di luar negeri pun banyak warteg punya menu komplet. Mulai dari tempe orek, ayam geprek dan tumis pare. Ada juga rendang jengkol.

Di beberapa negara seperti Korea Selatan, Amerika Serikat bahkan Arab Saudi banyak terdapat tempat makan yang menyajikan makanan khas Indonesia. Selain berupa restoran, ada juga yang hadir sebagai warung makan layaknya warteg alias warung Tegal.

Mirip di Indonesia, warteg di luar negeri ini juga memajang deretan lauk makanan dalam sebuah etalase. Pengunjung bisa memilih sendiri menu makanan sesuai selera.

Menunya juga tak kalah menggoda. Ada tempe orek, tempe goreng tepung, telur balado, ayam goreng, rendang, tumis pare hingga rendang jengkol. Lauk yang beragam ini menjadikan warteg-warteg di luar negeri punya nasi rames yang tak kalah mantap.

Apalagi warteg ini memiliki area makan yang nyaman dan bersih, beberapa warteg bahkan terlihat mirip restoran dan terkesan mewah. Soal harga memang lebih mahal karena sebagian besar bahan baku dan bumbu sulit didapatkan. Tak jarang pemilik warteg ini membeli bumbu dari Indonesia agar kualitas rasa makanannya autentik.

Berikut 5 warteg di luar negeri yang punya menu komplet:

1. Warteg Monggo Moro - Jepang

Di Jepang ada warteg Monggo Moro yang berlokasi di kawasan Shinokubo. Warteg ini menyajikan banyak menu makanan Indonesia dan disajikan dalam etalase bertingkat. Pengunjung bisa melihat dan memilih langsung menu yang diinginkan.

Lauk yang ditawarkan beragam mulai dari tempe orek, tempe bacem, tumis pare, ayam goreng, teri balado, ikan balado, hingga kambing rica-rica. Kamu bisa memilih lauk sesuai selera dan disajikan satu piring ala nasi rames. Menu pelengkap khas warteg lainnya yang tak kalah autentik yaitu ikan teri goreng, sayur pare, mie goreng, dan lalapan.

Warteg ini banyak dikunjungi orang Indonesia yang bekerja atau tengah kuliah di Jepang tapi banyak juga warga Jepang yang ketagihan makan di sini. Berbagai menu Indonesia langka seperti ikan asin, jengkol dan pete juga kerap dihadirkan di sini.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Warteg Legendaris Gang Mangga: Satu Sendok Petai Harganya Rp 15 Ribu!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com