Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Mar 2021 15:30 WIB
Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto Foto: Instagram sotobetawimiyamoto
Jakarta -

Belakangan ini viral informasi soal soto betawi dijual sampai Rp 160 ribu di Tokyo, Jepang. Seperti ini penuturan dari sang pengelola resto.

Soto betawi merupakan makanan khas Jakarta yang terdiri dari kuah santan, potongan daging atau jeroan sapi, dan pelengkap emping, kentang, serta tomat. Racikan soto ini mudah ditemui di Indonesia, namun bagaimana jika di luar negeri?

Di Tokyo, Jepang, ternyata ada restoran Indonesia yang menawarkan soto betawi sebagai menu andalan. Namanya Soto Betawi Miyamoto (SBM) yang berlokasi di Chiyoda City, Tokyo.

Keberadaan SBM viral setelah foto-fotonya diunggah akun Twitter @howtodresvvell (17/3). Terlihat bagian luar restoran ini dipenuhi ornamen merah putih yang mencirikan Indonesia. Lalu ada juga foto harga menu yang ditawarkan.

Semangkuk Soto Betawi Special dibanderol 1.200 yen atau hampir Rp 160 ribu. Lalu ada Soto Betawi Set seharga 950 yen (Rp 126 ribu), Soto Betawi 850 yen (Rp 112 ribu), dan Daging Balado Bowl 800 yen (Rp 106 ribu).

Unggahan ini viral di kalangan netizen Indonesia karena banyak yang terkejut dengan harganya. Mereka membandingkan dengan harga soto betawi di sini yang tak sampai Rp 50 ribu per mangkuk.

Soto Betawi Miyamoto buka tahun 2020

Viral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak RestoViral Soto Betawi Dijual Rp 160 Ribu di Jepang, Ini Kata Pihak Resto Foto: Instagram sotobetawimiyamoto

Kepada detikfood (19/3), Mico selaku manajer SBM mengatakan restoran ini dibuka pada 27 Februari 2020. "SBM didirikan dengan kerja sama antara orang Indonesia dan orang Jepang. Waktu di awalnya ada beberapa investor yang mendukung SBM, salah satunya aktor Herjunot Ali."

Bukan tanpa alasan SBM pilih menjadikan soto betawi sebagai menu andalan. Mico mengatakan soto betawi adalah makanan khas Indonesia yang punya banyak penggemar.

"Kami juga melihat ada kemiripan antara soto betawi dengan makanan Jepang. Konsepnya serupa yaitu makan pakai nasi, makan pakai kuah seperti ramen, dan makan daging sapi. Dari situ kami ingin menyebarkan budaya Indonesia melalui makanan," kata Mico.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com