Waroeng Padang Lapek, Tempat Cicip Nasi Padang Autentik di Den Haag

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 12 Des 2020 16:00 WIB
Waroeng Padang Lapek, Tempat Cicip Nasi Padang Autentik di Den Haag Foto: YouTube Indoculinaire Hunter/Rosi Meilani
Jakarta -

Waroeng Padang Lapek adalah restoran Padang terkenal di Den Haag, Belanda. Didirikan Uni Lapek, orang asli Minang yang menawarkan menu Minang autentik.

Restoran padang laku di Indonesia sudah biasa, tapi bagaimana jika laris manis di luar negeri? Hal inilah yang terjadi pada Waroeng Padang Lapek, restoran Padang di Schoolstraat 26, Den Haag, Belanda.

Dilihat dari YouTube Rosi Melani (11/11), salah satu pendiri Waroeng Padang Lapek yaitu Theodore mengungkap restoran ini dibuka pada 3 Oktober 2019. Ia bekerja sama dengan Uni Lapek, orang asli Minang yang memang terbiasa masak makanan Minang.

Uni Lapek sendiri sebelumnya sudah 9 tahun berkiprah di dunia masak-memasak di Belanda. Ia berjualan nasi padang di pasar malam atau bazar-bazar di sana. Kepada YouTuber Indoculinaire Hunter (18/7), ia mengatakan suatu hari terpikir kenapa tidak buka restoran sendiri.

Waroeng Padang Lapek, Tempat Cicip Nasi Padang Autentik di Den HaagWaroeng Padang Lapek, Tempat Cicip Nasi Padang Autentik di Den Haag Foto: YouTube Indoculinaire Hunter/Rosi Meilani

"Idenya itu berawal dari tidak ada nasi padang autentik di Belanda. Jadi saya gemes dan merasa tertantang," kata Uni Lapek. Ia lalu meminta bantuan sahabatnya, Theodore untuk mengelola operasional restoran.

Di awal pembukaan Waroeng Padang Lapek, restoran ini langsung menuai antrean panjang. Pengunjung yang tertarik tidak hanya orang Indonesia atau Asia saja, tapi juga orang Belanda asli dan orang-orang Eropa lain yang melintas.

Lokasi restoran yang strategis diakui Theodore jadi keuntungan tersendiri. Dengan begini banyak orang mudah menemukan Waroeng Padang Lapek.

Baca Juga: Hanya Ada Satu Meja, Restoran Indonesia Ini Jadi yang Terkecil di New York

Waroeng Padang Lapek, Tempat Cicip Nasi Padang Autentik di Den HaagWaroeng Padang Lapek, Tempat Cicip Nasi Padang Autentik di Den Haag Foto: YouTube Indoculinaire Hunter/Rosi Meilani

Untuk menunya, ada sekitar 15 menu yang ditawarkan. "Yang banyak dicari orang adalah nasi padang, ikan bakar, sate padang, dan soto padang," kata Theodore. Lalu ada juga beragam lauk yang terbilang aneh di lidah orang Belanda.

"Kami tidak jual jeroan, tapi ada paru balado dan kikil yang menurut mereka agak aneh. Kalau diterangkan, mereka jijik. Setelah dicoba, mereka suka. Jadi sekarang mereka mulai suka," kata Theodore. Orang-orang Belanda pun banyak yang baru tahu jengkol karena Waroeng Padang Lapek.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com