Wow! Segini Harga Pecel Ayam di Papua Tanpa Nasi

Yenny Mustika Sari - detikFood
Sabtu, 12 Mar 2022 16:30 WIB
Viral Harga Pecel Ayam di Papua Barat
Foto: TikTok @dapur_nn
Jakarta -

Seorang wanita yang tinggal di Papua Barat mengungkapkan harga pecel ayam dan viral di TikTok. Seporsi pecel ayam tanpa nasi ternyata dibanderol segini.

Harga makanan di Indonesia dapat dikatakan relatif terjangkau. Untuk seporsi nasi dan olahan ayam biasanya dibanderol harga mulai dari Rp 15.000 saja.

Namun harga makanan seperti nasi dan olahan ayam di Indonesia juga bisa menjadi lebih mahal. Seperti seporsi pecel ayam di Papua Barat dimana untuk mendapatkan stok ayam tidaklah semudah di pulau Sumatera atau Jawa.

Wanita bernama Nana membuat sebuah video yang menginformasikan kalau harga pecel ayam di Papua Barat terbilang mahal. Dalam video yang ia unggah di akun TikTok @dapur_nn (11/3), terlihat dua porsi pecel ayam tanpa nasi yang ia beli dari rumah makan di Papua Barat.

Baca Juga: Viral Getok Harga Mie Rp 200 Ribu, Begini Nasib Penjualnya Sekarang

Telah dikonfirmasi oleh detikFood (12/3), Nana tinggal di Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Ia mengungkapkan kalau harga seporsi pecel ayam di sana dibanderol Rp 30.000, belum termasuk nasi.

Viral Harga Pecel Ayam di Papua BaratViral Harga Pecel Ayam di Papua Barat Foto: TikTok @dapur_nn

"Nah yang penasaran sama harga ayam lalapan (pecel ayam) di Fakfak, Papua Barat nih kebetulan aku baru jajan. Aku beli dua bungkus ayam, ayamnya aja tanpa nasi ya. Ayam dapat lalapan sama sambel. Tebak guys harganya berapa, nih ayamnya lumayan gede sih. Dua potong ayamnya nggak pake nasi ini lalapannya. Duh lalapannya pelit banget ya, mahal sih emang sayuran di sini," ujar Nana dalam videonya.

"Ini tuh kacang panjangnya cuma dua potong kecil, kemanginya juga dikit banget, timunnya juga cuma seiris. Ini sambalnya yang mantap orang Jawa yang jualan. Harganya Rp 30 ribu sepotong," lanjutnya.

Viral Harga Pecel Ayam di Papua BaratViral Harga Pecel Ayam di Papua Barat Foto: TikTok @dapur_nn

Dalam videonya, terlihat kalau dua potong ayam goreng bagian paha yang dibeli oleh Nana terlihat agak besar. Disajikan juga lalapan dan sambal. Harga untuk sepotong ayam goreng itu adalah Rp 30.000.

Baca Juga: Unik! YouTuber Ini Buat Konten 24 Jam Santap Makanan Penjara

Padahal kalau di Jakarta atau daerah Pulau Jawa lainnya, harga seporsi pecel ayam dibanderol Rp 20.000-an sudah termasuk seporsi nasi hangat. Untuk ayam gorengnya sendiri biasanya dibanderol harga Rp 15.000.

Kepada detikFood, Nana membenarkan kalau harga pecel ayam di Fakfak, Papua Barat memang cukup mahal. Berbeda harganya dengan makanan yang terbuat dari olahan ikan atau hasil laut.

Viral Harga Pecel Ayam di Papua BaratViral Harga Pecel Ayam di Papua Barat Foto: TikTok @dapur_nn

"Iya menu selain ikan ya relatif mahal," ujar Nana.

"Untuk makanan lain kayak bakso gitu harganya sekitar Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu. Nasi campur sama sate juga sekitar segitu harganya," ungkapnya.

Sebelumnya, wanita bernama Novince Elisabeth Tipagau asal Nabire, Papua ini juga pernah mengungkapkan harga makanan yang mahal di Papua. Ia mengungkapkan kalau harga satu ikat sayuran bisa mencapai Rp 100.000.

Baca Juga: Wanita Ini Beberkan Harga Makanan di Papua, Seikat Sayur Rp 100 Ribu



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)