Viral Getok Harga Mie Rp 200 Ribu, Begini Nasib Penjualnya Sekarang

Andi Annisa Dwi R - detikFood
Rabu, 09 Mar 2022 11:30 WIB
Viral Getok Harga Mie Rp 200 Ribu, Begini Nasib Penjualnya Sekarang
Foto: World of Buzz
Jakarta -

Kisah getok harga mie yang dijual Rp 200 ribu semangkuk sempat viral. Begini kisah penjualnya sekarang setelah peristiwa getok harga di kedainya jadi sorotan.

Getok harga adalah kejadian tak mengenakkan untuk konsumen, termasuk para pelanggan tempat makan. Pasalnya penjual nakal akan menaikkan harga menu seenaknya.

Pelanggan yang tak bertanya harga menu sebelum santap biasanya bakal kaget begitu membayar. Sebab harga yang dipatok tak sepadan dengan porsi atau kualitas menu yang sudah dimakan.

Kisah getok harga sempat viral di Malaysia dimana seorang wanita (25/2/2022) mendatangi kedai kopi untuk makan. Ia memesan sajian mee ikan patin.

Wanita ini menikmati mie dengan lahap. Ia tak curiga atau bertanya soal harga menu yang dinikmatinya, namun betapa kagetnya ia begitu melihat tagihan.

Viral Getok Harga Mie Rp 200 Ribu, Begini Nasib Penjualnya SekarangMee ikan patin dibanderol Rp 200 ribu di sebuah kedai kopi di Malaysia. Foto: World of Buzz

Semangkuk mee ikan patin dipatok harga RM60 atau sekitar Rp 205 ribu! Melihat harga ini, dirinya tidak langsung membayar tetapi bertanya lebih dulu, kenapa harganya sangat mahal?

Pemilik kedai kopi berdalih ia menggunakan ikan patin berkualitas. Harganya RM190 atau sekitar Rp 961 ribu per kilogram. Wanita inipun tak bisa mengelak, ia tetap membayar mie sesuai harga yang dipatok penjual.

Baca Juga: Getok Harga Karena Terjebak, Wanita Ini Bayar Mie Rp 200 Ribu Semangkuk

Mengutip World of Buzz (8/3/2022), kisah ini memiliki babak baru usai viral di media sosial. Pihak Kementerian Perdagangan Dalam Negeri dan Konsumen (KPDNHEP) Sarikei, Malaysia menyambangi kedai kopi untuk mengusut kasus ini.

Dilaporkan oleh The Borneo Post bahwa "operator mengaku menjual mee ikan patin dengan harga selangit." Dalam kasus ini pemilik kedai kopi juga melanggar aturan karena tidak menampilkan harga menu yang ditawarkan.

Dirinya dianggap telah melakukan pelanggaran soal Penandaan Harga untuk Barang dan Biaya untuk Layanan 2020. Dia dijatuhi denda RM300 atau sekitar Rp 1 juta.

Viral Getok Harga Mie Rp 200 Ribu, Begini Nasib Penjualnya SekarangPelaku getok harga mie Rp 200 ribu di Malaysia dapat sanksi denda dari pihak berwenang. Foto: World of Buzz

Pihak berwenang juga mendesak penjual secara umum untuk selalu menampilkan harga barang yang mereka jual. Pembeli juga disarankan untuk selalu menanyakan harga sebelum memutuskan beli sesuatu.

Sebelumnya di Malaysia juga viral kisah getok harga dimana pelanggan diminta bayar sekitar Rp 4,1 juta untuk sajian ikan di rumah makan seafood di Langkawi. Namun kemudian pemilik rumah makan angkat bicara.

Ia jelaskan kenapa harga olahan ikan di tempatnya bisa begitu mahal. Selain jenis ikan yang istimewa, pelanggan disebut memilih ikan yang ukurannya besar. Cerita lengkapnya ada di link di bawah ini.

Baca Juga: Dituduh Ketok Harga, Pemilik Restoran Ini Jelaskan Kenapa Harga Ikannya Rp 4,1 Juta



Simak Video "Puluhan Ribu Pengunjung Serbu Festival Baso Aci Garut 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)