ADVERTISEMENT

7 Rekomendasi Ayam Geprek di Jogja yang Nikmat dan Pedasnya Nampol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Kamis, 10 Mar 2022 12:00 WIB
Ayam Geprek Bu Rum
Foto: Jauh Hari Wawan S/detikcom
Jakarta -

Di Jogja ada banyak penjual ayam geprek enak dan sambalnya pedas nampol. Di sini ayamnya benar-benar digeprek atau diremukkan hingga hancur lalu diolesi sambal secara merata.

Ayam geprek konon berasal dari Jogja. Hidangan ayam ini dibuat tahun 2003 oleh Bu Rum, pemilik warung makan di Jalan Wulung, Sleman. Ia berinovasi membuat hidangan ayam berbalut sambal.

Konon pakem ayam geprek khas Jogja adalah memakai ayam goreng tepung sebagai bahan utamanya. Di cobek kemudian disiapkan sambal berbahan bawang putih dan cabai rawit yang sudah diulek halus, baru kemudian potongan daging ayam dimasukkan.

Ayam goreng bakal digeprek (tumbuk) menggunakan ulekan hingga daging dan tulangnya hancur. Pembuat ayam geprek juga bakal memastikan sambal melumuri semua bagian ayam geprek. Umumnya level pedasnya bisa dipilih.

Banyak orang, terutama pencinta pedas, ketagihan dengan nikmatnya ayam geprek khas Jogja. Nah, saat di kota pelajar ini tak ada salahnya jika kamu mencicipi ayam geprek.

Mengutip akun Twitter @txtdrkuliner (8/3/2022), detikfood merangkum 7 rekomendasi ayam geprek di Jogja yang terkenal nikmat:

1. Preksu

Rekomendasi ayam geprek di JogjaPreksu yang punya beberapa cabang di Jogja ini menawarkan ayam geprek original hingga keju parut. Foto: Instagram preksu

Nama 'Preksu' merupakan singkatan dari ayam geprek dan susu, dua hidangan yang jadi menu andalan gerai ini. Lokasinya ada di Jalan Pandega Marta hingga di Jalan Seturan Raya, Caturtunggal.

Preksu menawarkan ayam geprek original, bakar, dan keju. Harga per porsinya dengan nasi mulai dari Rp 13 ribu. Beberapa menu andalannya adalah Ayam Geprek Kremesan, Ayam Prekar Original, dan Ayam Geprek Keju Parut.

2. Geprek Bu Rum

Pencetus ayam geprek, Bu Rum kini punya 5 cabang di Jogja. Kamu bisa menemukan pusatnya di Jalan Wulung, Papringan. Pemiliknya, Ruminah atau akrab disapa Bu Rum masih ikut berjualan.

Menu ayam geprek original plus sayur dibanderol Rp 12 ribuan saja. Pilihan sayurnya ada sayur oseng, sop, dan lodeh. Kemudian muncul menu variatif seperti ayam geprek cabe hijau, rendang, balado, dan keju.

Baca Juga: Ini Ayam Geprek Bu Rum yang Autentik dan Legendaris dari Sleman

3. Geprek Bu Made

Rekomendasi ayam geprek di JogjaDi Jalan Wulung ada warung Geprek Bu Made yang tawarkan ayam geprek plus kuah tongseng. Foto: Instagram ayamgeprekbumade

Masih di Jalan Wulung, kamu bisa menemukan ayam geprek enak buatan Geprek Bu Made. Keistimewaan menu di sini adalah adanya sambal tomat dan sambal bawang.

Lalu ada juga pelengkap kuah tongseng untuk 'teman' menyantap ayam geprek. Geprek Bu Made juga menawarkan sayur dan lauk lain seperti ceker, sayur sop, tumis labu, hingga tumis daun singkong. Makan kenyang dengan 2 lauk dan 1 jenis sayur di sini hanya sekitar Rp 17 ribuan.

4. Geprek Mas Kobis

Geprek Mas Kobis dijajakan dekat kampus UGM dan UNY. Nama tempatnya di peta digital adalah Penyetan Mas Kobis. Menu di sini jadi incaran banyak mahasiswa karena rasanya enak dan harganya murah.

Seporsi nasi, ayam geprek, dan sambal dijual Rp 12 ribuan saja. Yang bikin beda, ada pelengkap kol goreng yang renyah gurih. Menu lain yang juga layak dicoba adalah tahu dan telur goreng di sini.

Lihat lagi rekomendasi ayam geprek di Jogja di halaman selanjutnya.



Simak Video "Bikin Laper : Mencicipi Ayam Geprek dan Iga Garang Asem Enak di Jakarta Timur"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT