Begini Beda Hasil Seduhan Teh dari Cara Mencelupkan Kantong Teh

Yenny Mustika Sari - detikFood
Selasa, 01 Mar 2022 08:00 WIB
Cara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong Teh
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Kantong teh menjadi salah satu alternatif menyeduh teh yang praktis. Ada yang memilih mencelup-celup kantong teh dan ada pula yang pilih mendiamkannya. Keduanya menghasilkan seduhan teh berbeda.

Teh merupakan minuman sehat yang baik untuk tubuh. Jenis teh ada beragam, namun yang populer adalah teh hijau, teh hitam, teh putih, oolong.

Di berbagai negara kegiatan minum teh bisa menjadi ritual khusus dan cara melakukannya berbeda. Seperti di negara Barat dikenal dengan sebutan Afternoon Tea, biasanya dinikmati sore hari dengan tambahan camilan manis. Berbeda dengan cara minum teh di China dan Jepang yang caranya sangat tradisional.

Biasanya teh yang dipakai dalam ritual menggunakan teh asli berupa serbuk. Namun kini minum teh lebih praktis karena ada produk yang menggunakan kantong teh.

Cara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong TehCara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong Teh Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Ini 5 Nasi Campur Medan Lauk Babi Panggang yang Renyah di Jakarta

Adanya kantong teh juga membuat cara meminumnya lebih nyaman. Karena tak ada serbuk teh yang tertinggal di dasar cangkir.

Dilansir dari Tasting Table (25/2), ada 2 teknik menggunakan kantong teh saat proses penyeduhan. Ada orang yang cenderung mencelupkan kantong teh berulang kali ke secangkir air panas, namun ada juga yang memilih mendiamkan kantong teh tersebut.

Kedua teknik ini sebenarnya dapat memengaruhi cita rasa teh yang dihasilkan. Kalau menyukai rasa teh dan warna teh yang pekat, biasanya mereka akan mendiamkan (merendam) kantong teh di dalam gelas selama beberapa menit. Sedangkan yang menyukai rasa teh ringan, biasanya hanya akan mencelupkan kantong teh beberapa saat saja.

Cara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong TehCara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong Teh Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Iced Americano, Minuman Favorit Artis Korea Berbahan Espresso

Menurut penjelasan BBC, serbuk teh kering yang dimasukkan ke dalam air panas akan menghasilkan senyawa tanin, polifenol, dan asam amino larut memberikan kontribusi pada cita rasa dan warna teh. Semakin lama kantong teh didiamkan atau direndam, maka konsentrasi senyawa tersebut makin tinggi.

Hal lain yang membedakan mencelupkan dan mendiamkan kantong teh dalam air panas adalah proses pewarnaan teh. Dengan mencelupkan teh artinya banyak gerakan yang terjadi, sehingga mempercepat penggelapan teh. Berbeda dengan mendiamkannya, memang warnanya akan jauh lebih pekat tapi prosesnya lama.

Cara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong TehCara Membuat Minuman Teh Menggunakan Kantong Teh Foto: Getty Images/iStockphoto

Lantas cara mana yang lebih tepat? Sejauh ini belum ada penelitian cara membuat teh mana yang lebih baik. Tergantung pada pribadi setiap orang ingin melakukan cara seperti apa.

Baca Juga: Gokil! 5 Mie Ayam Berusia Lebih dari Setengah Abad Ini Masih Populer Enaknya



Simak Video "Menilik Sejarah dan Cara Seduh Teh ala China"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)