Gokil! 5 Mie Ayam Berusia Lebih dari Setengah Abad Ini Masih Populer Enaknya

ADVERTISEMENT

Rekomendasi Tempat Makan

Gokil! 5 Mie Ayam Berusia Lebih dari Setengah Abad Ini Masih Populer Enaknya

Sonia Basoni - detikFood
Sabtu, 26 Feb 2022 10:00 WIB
mie bloon menteng
Foto: Devi S. Lestari / detikFood
Jakarta -

Eksis sejak puluhan tahun lalu dengan usia berjualan lebih dari 50 tahun. Membuat mie ayam 'jadul' ini memiliki banyak pelanggan setia sampai sekarang.

Membicarakan tempat makan mie ayam enak yang legendaris, pastinya semua orang memiliki tempat favoritnya masing-masing. Namun ada beberapa tempat makan mie ayam yang sudah terkenal sejak dulu.

Apalagi usianya mencapai setengah abad, yaitu di atas 50 tahun. Selama puluhan tahun berjualan, tempat makan mie ayam ini tak pernah sepi dari pengunjung yang datang dari berbagai generasi.

Berikut lima tempat makan mie ayam jadul berusia setengah abad yang masih bisa dinikmati hingga sekarang.


Baca Juga:Banyak Tempat Makan yang Konsisten Menjaga Kelezatan Makanannya Selama Puluhan Tahun" selengkapnya


1. Bakmi Aboen

Bakmi Aboen di Pasar BaruBakmi Aboen di Pasar Baru Foto: dok. detikFood

Pertama kali dibuka pada tahun 1962 (60 tahun), tempat makan bakmi dan Chinese food ini masih eksis hingga sekarang. Letak Bakmi Aboen cukup tersembunyi di gang. Pengunjung harus rela berjalan kaki di sepanjang Pasar Baru.

Setelah itu pengunjung harus menyusuri Gang Kelinci yang cukup ramai untuk sampai ke Bakmi Aboen. Menu yang ditawarkan juga sederhana, pertama ada menu bakmi non-halal seperti bakmi babi jamur atau babi pangsit.

Tersedia juga menu bakmi bakso ikan dan ayam. Kalau suka hidangan Chinese food, bisa pesan capcay goreng, ayam goreng mentega, kodok goreng mentega sampai fuyunghai. Kisaran harga di sini dimulai dari Rp 35.000.


2. Bakmi Boy

Ada yang jauh lebih lama, warung mie ayam legendaris yang dikenal dengan nama Bakmi Boy sudah ada sejak tahun 1963 (59 tahun). Namun, kini Bakmi Boy telah menempati bangunan baru yang terlihat lebih modern. Tentunya semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk terus mencicipi racikan mie ayam legendarisnya. Mayoritas pengunjung di warung mie ayam legendaris ini adalah ibu-ibu.

Harga yang ditawarkan untuk satu porsi mie ayam sangat beragam. Hal tersebut ditentukan dari isian mie ayam itu sendiri. Misalnya mie ayam polos yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 28.000. Jika kamu ingin menambahkan berbagai topping harga yang ditawarkan bisa mencapai sekitar Rp. 45.000. Untuk toppingnya kamu bisa memilih seperti bakso, dan pangsit goreng atau pangsit rebus.

Menariknya lagi, warung mie ayam legendaris ini juga menawarkan mie yam dalam ukuran jumbo yang bisa dimakan beramai-ramai. Mienya terlihat tipis tetapi untuk teksturnya terasa kenyal. Apalagi ditambah dengan daging ayam cincang berbumbu putih, sawi dan kaldu gurih. Selain mie ayam, Bakmi Boy juga menawarkan menu yamin yang manis gurih.

3. Mie Ayam Gondangdia

Siapa tak kenal dengan Mie Ayam Gondangdia? Warung mie ayam legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1968 (52 tahun). Mie ayam legendaris ini dikenal punya racikan mie ayam yang lezat. Di samping rasanya yang bikin ketagihan, warung Mie Ayam Gondangdia memiliki cerita sejarah yang panjang. Warung makan yang jadi favorit banyak orang ini sempat mengalami kebakaran pada tahun 2014.

Rupanya yang menjadi pelanggan mie ayam legendaris ini dari berbagai kalangan. Mantan presiden Megawati Soekarnoputri pun pernah mencicip kelezatan mie ayam di sini. Menu yang paling dipesan pembeli adalah mie Mie Pangsit yang dibanderol dengan harga sekitar Rp. 36.000. Kamu akan dibuat terkejut dengan teksturnya mienya yang terasa halus.

Selain itu rasa pada kaldunya pun sangat gurih. Berpadu dengan potongan daging ayam yang rasanya manis. Satu porsi mie ayam legendaris di sini dilengkapi dengan pangsit rebus yang juga bertekstur lembut. Selain mie ayam, warung ini juga menawarkan menu lainnya seperti bihun goreng, ayam kuluyuk dan Fuyunghai.



Simak Video "Unik! Ada Mie Ayam Sapi Pedas di Dekat Stasiun MRT Cipete"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT