Iced Americano, Minuman Favorit Artis Korea Berbahan Espresso

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 06 Okt 2020 09:00 WIB
Iced Americano Foto: Getty Images/iStockphoto/Food Photographer
Jakarta -

Iced Americano adalah salah satu minuman favorit banyak artis Korea. Apa itu iced Americano dan berapa banyak kandungan kafeinnya?

Para pencinta K-pop pasti tak asing dengan iced Americano. Pasalnya minuman es kopi ini sering terlihat dalam drama Korea. Selain itu, dalam kesehariannya, banyak artis Korea kedapatan menikmati iced Americano baik saat santai maupun bekerja.

Sekilas tampilan iced Americano seperti es kopi biasa, tanpa susu. Berupa espresso yang dicampur air plus es batu. Tapi meracik iced Americano tidak sembarangan. Ada yang membedakan iced Americano dengan es kopi biasa.

Seperti apa cara membuat iced Americano? Berapa banyak kafein di dalamnya? Dan benarkah es kopi ini lebih bagus dikonsumsi pelaku diet?

Berikut detikFood merangkum fakta seputar iced Americano:

1. Iced Americano beda dengan cold brew

Iced AmericanoIced Americano Foto: Getty Images/iStockphoto/Food Photographer

Dikutip dari Caffenero (5/10), iced Americano punya perbedaan mendasar dengan cold brew walaupun sama-sama berupa racikan kopi hitam dingin.

Iced Americano tradisional dibuat dengan menuangkan air dingin ke dalam gelas berisi es batu. Diikuti beberapa cangkir kecil (shots) espresso. Dengan kata lain proses pendinginan baru berlangsung ketika espresso menyentuh es batu dan air dingin.

Beda halnya dengan cold brew dimana proses pendinginan berlangsung sejak awal. Pada cold brew, dari biji kopi sudah diekstraksi (rendam) menggunakan air dingin selama 8 sampai 12 jam.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Keseruan Ncess Nabati dan Angel Karamoy Ngemil Tutut"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com