ADVERTISEMENT

Sejarah Americano, Minuman Kopi yang Muncul Saat Perang Dunia ke-2

Yenny Mustika Sari - detikFood
Minggu, 27 Feb 2022 09:00 WIB
Iced Americano, menu kopi yang muncul saat Perang Dunia ke-2
Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Menu Americano sangat populer di kalangan pencinta kopi hitam. Ternyata menu kopi favorit orang Korea ini muncul ketika Perang Dunia ke-2. Bagaimana kisahnya?

Di balik sejarah Perang Dunia ke-2, ternyata ada menu minuman yang lahir dari sana. Minuman itu sampai sekarang sangat populer, bahkan jadi favorit masyarakat Korea.

Minuman apakah itu? Jawabannya adalah Ameicano, berupa minuman kopi hitam bercita rasa ringan yang diketahui bisa menambahkan energi.

Dilansir dari Bon Tea Cafe (25/8/2020), minuman kopi Americano memang muncul saat Perang Dunia ke-2. Dinamakan 'Americano' karena dulunya menu kopi ini menjadi pilihan para pasukan Amerika.

Selama Perang Dunia 2, kopi yang ditawarkan orang Italia saat itu hanya ada 2 jenis yaitu espresso dan cappuccino. Namun ternyata pasukan Amerika tidak cocok dengan salah satu menunya.

Iced Americano, menu kopi yang muncul saat Perang Dunia ke-2Iced Americano, menu kopi yang muncul saat Perang Dunia ke-2 Foto: Getty Images/iStockphoto

Baca Juga: Ini 5 Nasi Campur Medan Lauk Babi Panggang yang Renyah di Jakarta

Para pasukan Amerika di Italia ini menganggap kopi espresso racikan orang lokal terlalu pekat. Sedangkan orang Amerika lebih akrab dengan kopi yang diseduh dengan tambahan susu, maka mereka lebih menyukai rasa kopi yang ringan.

Oleh karena itu, menu cappuccino lebih cocok dengan selera para pasukan Amerika. Sayangnya menu cappuccino asli Italia disajikan dalam cangkir kecil berukuran 147 ml.

Sementara pasukan Amerika ini terbiasa dengan sajian kopi yang menggunakan cangkir sedang berukuran 473 ml. Dari situlah banyak kedai kopi lokal di Italia mulai menyajikan espresso dan air panas dalam cangkir sedang untuk memenuhi kebutuhan para prajurit.

Baca Juga: Iced Americano, Minuman Favorit Artis Korea Berbahan Espresso

Menu espresso yang ditambahkan air panas ini kemudian dikenal dengan nama Americano. Tak hanya disajikan dalam kondisi panas, tapi kini Americano juga bisa dinikmati dingin dengan tambahan es batu.

Iced Americano, menu kopi yang muncul saat Perang Dunia ke-2Iced Americano, menu kopi yang muncul saat Perang Dunia ke-2 Foto: Getty Images/iStockphoto

Menu Iced Americano sangat populer di Korea. Orang Korea menyebut menu Iced Americano ini dengan nama AA yang merupakan singkatan dari pelafalan 'Ais Americano'.

Biasanya orang Korea selalu meyempatkan waktu mereka untuk membeli Iced Americano di pagi hari. Mereka menilai minum Iced Americano bisa memberikan tambahan energi untuk tubuh.

Baca Juga: Gokil! 5 Mie Ayam Berusia Lebih dari Setengah Abad Ini Masih Populer Enaknya



Simak Video "Melihat Produksi Kopi Sepoor yang Legendaris di Kota Pasuruan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT