ADVERTISEMENT

Sate Kambing Tegal Vs Solo

Ini 4 Ciri Khas Sate Kambing Tegal, Tanpa Bumbu Tapi Empuk Juicy

Yenny Mustika Sari - detikFood
Kamis, 17 Feb 2022 13:30 WIB
Ciri-ciri Sate Kambing Khas Tegal yang Empuk dan Juicy
Foto: Getty Images/iStockphoto/

3. Tidak Pakai Bumbu

Ciri-ciri Sate Kambing Khas Tegal yang Empuk dan JuicyCiri-ciri Sate Kambing Khas Tegal Minim Bumbu Foto: Getty Images/iStockphoto/

Biasanya sate lainnya menggunakan bumbu melimpah atau lumuran kecap agar sedap ketika dibakar. Berbeda dengan sate kambing muda khas Tegal yang tidak memerlukan banyak bumbu untuk membuat cita rasanya lezat.

Dalam buku '100 Mak Nyus Jalur Mudik, Jalur Pnatura dan Jalur Selatan Jawa (2018)', Bondan Winarno, menyebutkan kalau orang Tegal terkenal akan kepiawaian memanggang dengan sedikit bumbu, bukan tipe sate yang menonjolkan bumbunya.

Sate kambing muda khas Tegal ini biasanya dibakar tanpa bumbu atau polos. Tanpa olesan minyak atau celupan bumbu. Walau polos, cita rasa nikmatnya tetap keluar. Kualitas dan citarasa daging kambing muda diuji dengan sate polos ini.

4. Cara Penyajian

Ciri-ciri Sate Kambing Khas Tegal yang Empuk dan JuicyCara penyajian Sate Kambing Khas Tegal yang Empuk dan Juicy Foto: Getty Images/iStockphoto/

Sate kambing dibakar sampai warna dagingnya berubah cokelat pucat yang menandakan sudah matang sempurna. Setelah itu disajikan bersama sambal kecap manis pedas.

Sambal kecap itu terbuat dari kecap manis, cabai rawit, bawang merah, dan tomat. Sambal kecap ini bisa diracik terlebih dahulu atau disajikan langsung di atas piring.

Cara menikmati sate kambing muda khas Tegal ini dengan mencocolkannya ke sambal kecap. Kelezatan sate kambing muda ini tak bisa ditolak dan cocok disandingkan dengan nasi hangat.

Baca Juga: 5 Jajanan Kaki Lima Paling Enak di Dunia, Ada Bakso dari Indonesia!



Simak Video "30 Tahun Berdiri, Kios Sate Ini Selalu Ramai Pembeli"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT