ADVERTISEMENT

5 Jajanan Kaki Lima Paling Enak di Dunia, Ada Bakso dari Indonesia!

Sonia Basoni - detikFood
Selasa, 15 Feb 2022 14:30 WIB
5 Jajanan Kaki Lima Paling Enak di Dunia, Ada Bakso dari Indonesia!
Foto: iStock
Jakarta -

Setiap negara memiliki jajanan kaki lima andalan yang populer. Tapi ada beberapa jajanan kaki lima yang disebut paling enak di dunia.

Mirip seperti menu makanan utama, makanan kaki lima atau jajanan kaki lima di setiap negara kini diburu banyak orang terutama para turis. Mereka umumnya penasaran dengan makanan kaki lima yang tidak bisa mereka temukan di mana-mana.

Menurut situs traveling Rough Guides, mereka melampirkan ada beberapa makanan atau jajanan kaki lima yang disebut paling enak di seluruh dunia.

Penilaian ini mereka ambil dari makanan-makanan kaki lima yang pernah mereka coba saat mengunjungi berbagai negara. Mulai dari Halo-halo khas Filipina sampai bakso yang berasal dari Indonesia.

Berikut lima jajanan kaki lima terenak di dunia versi Rough Guides (12/02):

Baca Juga:Keren! 5 Makanan Indonesia Ini Diakui Paling Enak di Dunia" selengkapnya

5 Jajanan Kaki Lima Paling Enak di Dunia, Ada Bakso dari Indonesia!Mirip dengan es campur dari Indonesia, di Filipina juga aja hidangan serupa bernama halo-halo. Foto: iStock

1. Halo-halo

Jika di Indonesia es campur merajai jajanan kaki lima, di Filipina ada Halo-halo. Mirip dengan es campur Indonesia, akan tetapi isian dari Halo-halo ini lebih bervariasi. Halo-halo atau halo-halo merupakan es campur khas Filipina.

Disajikan dalam mangkuk, es serutnya dihidangkan dengan ragam pelengkap. Pelengkapnya berupa kolang-kaling (kaong), pisang, nata de coco, kelapa kopyor, pacar cina, agar-agar, kacang-kacangan dan umbi. Untuk menambah rasa manis, di atasnya juga diberi susu kental manis atau susu evaporasi dan juga es krim.

Menurut situs Rough Guides, Halo-halo cocok dicoba ketika sedang berada di Filipina. Terutama pada musim panas, ketika cuaca sedang terik.

2. Banh Mi

Bánh mì merupakan sandwich khas Vietnam yang menggabungkan antara kuliner tradisional mereka dengan kuliner Prancis. Sandwich ini memiliki ciri khas penggunaan roti baguette yang keras. Banyak ditemukan di penjual makanan kaki lima di Vietnam.

Roti baguette sendiri mulai populer di Vietnam ketika Prancis menduduki negara tersebut selama masa kolonial. Kemudian di tahun 1950-an, masyarakat Vietnam mulai membuat banh mi dengan isian daging sapi, ayam, atau babi.

Kemudian isian pelengkapnya ada aneka sayuran segar, daun seledri, wortel, timun, hingga campuran mayonnaise. Popularitas sandwich ini meroket ketika Perang Vietnam dan banyaknya orang Vietnam yang membawa resep ini keluar negeri.



Simak Video "Nongkrong Cantik Sambil Jajan di Sekitar TPU Tanah Kusir"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT