Keren! 5 Makanan Indonesia Ini Diakui Paling Enak di Dunia

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 11:00 WIB
Selera Bogana Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Selain rendang, ternyata banyak makanan khas Indonesia yang diakui kelezatannya di dunia. Seperti nasi kuning, soto ayam, sate hingga mie instan.

Memiliki aneka hidangan yang beragam, Indonesia sering disebut sebagai harta karun kuliner yang tersembunyi. Karena popularitasnya belum setinggi hidangan Korea, Jepang atau Thailand yang sudah mendunia.

Meski begitu banyak makanan Indonesia yang masuk ke dalam jajaran hidangan terenak di dunia. Seperti sate khas Indonesia, yang mengalahi yakitori hingga sate kebab.

Kemudian ada nasi kuning, yang termasuk ke dalam daftar hidangan nasi paling enak di dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut lima makanan dari Indonesia yang diakui kelezatannya oleh dunia.

Baca Juga: Hebat! Rendang Indonesia Kembali Jadi Makanan Terlezat Nomor 1 di Dunia

1. Nasi Kuning

Kajoemanis NusantaraKajoemanis Nusantara Foto: dok. detikFood

Dilansir dari situs Foodbeast, ada 20 jenis hidangan nasi dari berbagai negara yang disebut paling enak di dunia. Salah satunya nasi kuning dari Indonesia.

Nasi kuning mampu bersaing dengan Pabellon Criollo dari Venezuella, sampai Paella dari Spanyol. Menurut Foodbeast, yang membuat nasi kuning ini unik terletak pada penggunaan rempah di olahan nasi.

Warna kuning dari kunyit dan tambahan santan membuat rasa nasi menjadi gurih. Ditambah dengan tambahan aneka lauk seperti telur dadar iris, ayam goreng serundeng, teri kacang, sambal, kerupuk hingga lalapan.

2. Soto Ayam

Cicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di BanyuwangiCicip Soto Ayam Kampung Pak Hasyim di Banyuwangi Foto: detikFood

Menempati posisi ke-4 dari 20 hidangan sup terbaik di dunia versi CNN. Soto ayam setara dengan tom yum khas Thailand, hingga tonkotsu ramen dari Jepang yang sudah terkenal.

Mirip seperti nasi kuning, kelezatan soto ayam terletak pada rempah khas Indonesia yang khas. Meski masuk ke dalam hidangan yang sederhana, tapi perpaduan antara kunyit, bawang, kapulaga hingga serai mebuat rasa soto menjadi spesial.

Bahkan menurut CNN, soto ayam digemari di Singapura, Malaysia, hingga Amerika Selatan. Di mana resep soto diperkenalkan oleh imigran yang berasal dari tanah Jawa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Dakgalbi Supreme Mirip dengan di Korea"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com