Hebat! Rendang Indonesia Kembali Jadi Makanan Terlezat Nomor 1 di Dunia

Lusiana Mustinda - detikFood Jumat, 14 Jul 2017 09:37 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Tahun ini, CNN Travel merilis kembali 50 makanan terlezat di dunia. Rendang dari Indonesia tetap masuk di urutan pertama. Hebat ya!

Ini jadi kali kedua rendang masuk dalam makanan terenak pertama versi CNN Travel. Sebelumnya, pada Juli tahun 2011 CNN Go's menobatkan rendang sebagai makanan terenak peringkat 11. Dan di September 2011, kemudian rendang naik hingga nomor 1. Di bulan Juli 2017, rendang tetap berada di posisi pertama.

Ini didapatkan dari suara terbanyak dalam jajak pendapat atau polling melalui Facebook. Ada lebih dari 35.000 suara yang memberikan vote, rendang jadi salah satu yang paling banyak.

Saksikan video 20detik mengenai Rendang Jadi Makanan Terenak di Dunia di sini:


Sebanyak 50 jenis makanan dari berbagai negara, dua makanan asal Indonesia masuk urutan pertama dan kedua makanan terenak di dunia yaitu Rendang dan Nasi Goreng.

Baca juga: Rendang Peringkat 11 Makanan Terenak di Dunia

Rendang khas Minang yang berwarna kehitaman jadi makanan terenak di dunia.Rendang khas Minang yang berwarna kehitaman jadi makanan terenak di dunia. Foto: Dok. detikFood

Dikutip dalam CNN Travel (12/07), salah satu pembaca bernama Kamal F Chaniago menunjukkan pandangan tersendiri dalam tulisannya yaitu "Rendang adalah yang terbaik". Pemenang makanan ini memang patut diklaim sebagai "Makanan Paling Lezat di Dunia." tulisnya.

Rendang asli Indonesia yang mendunia ini adalah rendang khas Minang. Berbeda dengan rendang Malaysia, rendang Minang punya tampilan yang kehitaman dan kering. Dengan perpaduan rempah asli tanah Sumatera Barat yang kental serta gurih.

Kenapa disebut dengan rendang? Karena berasal dari kata 'marandang' yang berarti proses memasak untuk menihilkan air atau menghabiskan air.

Proses pembuatan rendang Minang.Proses pembuatan rendang Minang. Foto: Maya Safira

Dalam proses pembuatannya, rendang Minang diolah dengan bahan daging sapi yang dimasak bersama dengan santan dan beberapa bumbu khas seperti bawang putih, bawang merah, jahe, lengkuas, cabai merah, daun kunyit dan daun jeruk. Dimasak selama 7 jam, menghasilkan daging sapi bertekstur empuk dan juga beraroma gurih.

Baca juga: Ini Bumbu Rahasia Rendang Minang yang Gurih Pedas dan Harum

Rendang khas Minang yang jadi makanan terenak di dunia.Rendang khas Minang yang jadi makanan terenak di dunia. Foto: detikFood Infografis

Di daerah asalnya yaitu Sumatera Barat, rendangpun banyak jenisnya. Tidak hanya dibuat dengan daging sapi saja, tetapi juga ayam, paru, kentang, udang, telur, bebek dan juga ikan. Bahkan ada juga yang ditambah dengan singkong atau kacang merah.

Dalam CNN Travel, hidangan Indonesia ini sering dijadikan sebagai suguhan acara seremonial dan untuk tamu terhormat. Tidak hanya enak tapi juga resepnya sederhana. Saran dari pembaca bernama Isabela Desita mengatakan, "Rendang seharusnya yang pertama! Sangat enak dan Anda harus mencoba!," ungkap Desita, yang mengajak pembaca lain untuk mencoba rendang Indonesia.

Baca juga: Inilah Rekomendasi 40 Makanan Indonesia Enak Versi CNN (lus/odi)
Load Komentar ...