Sajikan Cumi-cumi Hidup dengan Cocolan Sambal, Restoran Thailand Ini Dikecam

Yenny Mustika Sari - detikFood
Senin, 14 Feb 2022 16:07 WIB
Cumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi Tren
Foto: TikTok @karake7
Jakarta -

Cumi-cumi biasanya disajikan matang. Namun restoran di Thailand ini menyajikan cumi-cumi yang masih hidup. Ingin tampil unik, restoran ini justru dikecam.

Cumi-cumi merupakan hidangan laut (seafood) yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Rasanya nikmat dan bisa diolah menjadi beragam hidangan. Seperti cumi goreng, cumi saus tiram, hingga gulai cumi.

Berbeda dengan sebuah restoran di Thailand yang justru menyajikan cumi-cumi dalam kondisi hidup. Untuk menikmatinya, bagian kepala cumi-cumi harus dicelupkan ke dalam cocolan sambal pedas sampai mati.

Adanya menu ini menarik perhatian banyak netizen. Banyak netizen Thailand yang penasaran dengan pengalaman menyantap cumi-cumi hidup itu.

Cumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi TrenCumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi Tren Foto: TikTok @karake7

Baca Juga: Di Korea Gurita Hidup Jadi Jajanan Ekstreme yang Populer

Beberapa video yang menampilkan bersantap cumi-cumi hidup itu diunggah ke TikTok. Seperti yang dilakukan oleh pengguna TikTok @karake7.

Dalam videonya, netizen itu pergi ke sebuah restoran bersama temannya. Ia memesan menu cumi-cumi hidup yang fenomenal tersebut.

Satu porsinya berisikan 5 cumi hidup. Kemudian ada 5 gelas tall glass dengan isian sambal pedas. Pelayan akan memasukkan cumi-cumi hidup itu ke dalam gelas berisikan sambal.

Terlihat bagaimana cumi-cumi itu perlahan pingsan dan mati. Bahkan sampai ada yang menyemburkan tintanya. Video itu viral di TikTok dengan jumlah views mencapai 7 juta.

Baca Juga: Ada Bubur Ayam Gratis di Depok, Sudah Bagikan 17 Ribu Porsi!

Melihat kolom komentar, banyak netizen yang tak menyetujui menu cumi-cumi hidup itu. Bahkan, banyak netizen yang mengecam restoran tersebut karena dianggap melakukan kekerasan terhadap binatang.

Cumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi TrenCumi Hidup Disajikan Restoran Thailand, Kini Jadi Tren Foto: TikTok @karake7

"Tau kok cumi buat dimakan, tapi dalam keadaan mati atau dipotong langsung biar dia gak kesiksa. Kalo gini mah nyiksa namanya," komentar netizen.

"Definisi menyiksa," sahut netizen lain.

"Animal abuse," ujar netizen lainnya.

Melansir Coconut Bangkok (11/2), menyantap cumi hidup bisa membahayakan tubuh. Karena menurut Pakpoom Dejhasadin seorang teknisi lab, cumi-cumi berpotensi mengandung patogen dan parasit.

Ia juga menambahkan kalau bakteri pada seafood mentah dapat menyebabkan gangguan usus yang parah. Termasuk diare, muntah, sakit perut, hingga sakit kepala selama 12-24 jam setelah dikonsumsi.

Baca Juga: 3 Resep Sambal Khas Sunda Paling Populer yang Bikin Nambah Nasi Terus



Simak Video "Gurih Empuk Sate Cumi-cumi di Pacitan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)