ADVERTISEMENT

5 Kuliner Enak di Lombok-Mandalika yang Wajib Dicoba Marquez Cs

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 11 Feb 2022 16:34 WIB
Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok.
Foto: Rachman_punyaFOTO

3. Sayur Beberuk

Beberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang SegarBeberuk, Sayur Khas Lombok dari Terong dan Kacang Panjang yang Segar Foto: detikcom/Yenny Mustika Sari

Makanan khas Lombok tak hanya bercita rasa pedas, tapi juga ada yang asam segar. Seperti beberuk yang terbuat dari sayuran mentah. Sayuran mentah yang dimaksud adalah terong bulat hijau dan kacang panjang.

Cara mengolahnya sayuran mentah ini dipotong kecil-kecil. Kemudian dicampurkan tomat iris atau sambal tomat yang segar dengan bumbu garam.

Biasanya beberuk dihidangkan untuk lauk pelengkap aneka makanan khas Lombok. Seperti nasi campur dan ayam rarang.

4. Ayam Rarang

Ayam Rarang Khas Lombok Bisa Dinikmati di Warung Inaq DellahAyam Rarang Khas Lombok Bisa Dinikmati di Warung Inaq Dellah Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Kuliner Lombok bercita rasa pedas lainnya adalah Ayam Rarang. Nama ayam rarang sendiri diambil dari daerah bernama Rarang di kawasan Lombok Timur. Ada salah satu tempat makan ayam rarang yang terkenal lezatnya.

Kalau Marc Marquez CS berkesempatan mengunjungi Lombok Timur, bisa mampir ke salah satu rumah makan ayam rarang legendaris. Namanya Rumah Makan Rarang Inaq Dellah. Rumah makan yang sangat sederhana ini sudah berdiri sejak tahun 1976.

Ayam rarang disajikan dengan bumbu merah yang pekat bercita rasa pedas berempah nikmat. Ada juga ayam kampung goreng, sayur bening kelor, serta beberuk.

5. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok.Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok. Foto: Rachman_punyaFOTO

Marquez CS tak boleh melewatkan Nasi Balap Puyung ketika berkeliling Lombok. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Nasi Balap Puyung Inaq Esun yang sudah berdiri sejak tahun 1970.

Tempat makan yang berada di sebuah bangunan rumah sederhana ini juga disebut-sebut sebagai nasi balap Puyung pertama di Lombok. Tak heran kalau Nasi Balap Puyung Inaq Esun selalu direkomendasikan untuk dicicipi.

Seporsi nasi balap Puyung di sini masih terjangkau harganya. Hanya dengan Rp 20.000 kamu sudah bisa puas menikmati seporsi nasi balap Puyung. Seporsinya juga komplet, berisikan plecing ayam (ayam dengan bumbu merah), kriuk ayam, serta kacang kedelai goreng.

Baca Juga: 9 Istilah Minuman Alkohol dalam Komposisi Bahan Makanan



Simak Video "Menjajal Menu Buatan Eks Chef Restoran China Ternama"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT