9 Istilah Minuman Alkohol dalam Komposisi Bahan Makanan

ADVERTISEMENT

9 Istilah Minuman Alkohol dalam Komposisi Bahan Makanan

Riska Fitria - detikFood
Jumat, 11 Feb 2022 10:30 WIB
Istilah minuman alkohol pada komposisi makanan
Foto: iStock
Jakarta -

Untuk menambah aroma dan cita rasa, banyak makanan yang dicampur minuman alkohol. Sebelum membelinya, kenali dulu istilah-istilah minuman alkohol pada makanan.

Beberapa negara memiliki kebudayaan minum minuman alkohol. Biasanya tradisi minum alkohol ada pada perayaan tertentu. Mereka akan menuangkan minuman alkohol di gelas dan bersulang.

Minum minuman alkohol juga untuk memberikan efek tenang dan menghangatkan tubuh. Itu berlaku untuk porsi yang tidak berlebihan. Selain untuk diminum, minuman alkohol juga banyak jadi campuran komposisi makanan.

Mulai dari kue, cokelat, sushi dan lainnya. Ada banyak jenis minuman alkohol yang digunakan dengan istilah-istilah yang berbeda-beda.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut 9 istilah minuman alkohol dalam komposisi bahan makanan:


1. Rum

Istilah minuman alkohol pada komposisi makananRum biasanya digunakan untuk adonan kue Foto: iStock

Rum adalah minuman beralkohol yang terbuat dari fermentasi dan destilasi air tebu. Rum hasil dari distilasi berupa cairan bening yang kemudian dimatangkan di dalam tong berbahan kayu.

Ada dua jenis rum, yakni rum putih yang biasa digunakan sebagai campuran koktail dan rum coklat yang umumnya digunakan untuk memasak dan membuat adonan kue.

2. Whisky

Whisky merupakan minuman alkohol yang dibuat dari biji-bijian yang difermentasi di dalam tong berbahan kayu. Jenis biji-bijian yang digunakan adalah gandum, gandum hitam dan jagung.

Cairan minuman ini berwarna coklat dan bening. Minuman alkohol ini biasa digunakan sebagai campuran dalam komposisi makanan. Seperti kue tart, masakan tumis hingga panggang.

3. Wine

Istilah minuman alkohol pada komposisi makananWine dapat membuat makanan menjadi lebih beraroma Foto: iStock

Wine adalah jenis minuman alkohol yang populer. Wine terbuat dari buah anggur merah yang difermentasi. Proses pembuatan wine di campurkan ragi bernama saccharmoysces cerevesiae.

Wine juga banyak digunakan sebagai campuran makanan. Mulai dari cokelat, jelly dan aneka kue. Pemberian wine ini bisa membuat makanan lebih beraroma.

Baca Juga: Tak Mengandung Babi, Daging Babi Vegan Tak Bisa Mendapat Sertifikat Halal



Simak Video "Masak Masak: dari Pisang Jadi Dessert 'Es Krim'"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT