Gurih Pedas Ayam Bakar Bu Lian di Lombok yang Jadi Favorit Gubernur NTB

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 22 Des 2021 13:30 WIB
Ayam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTB Foto: detikFood
Jakarta -

Kuliner Mandalika yang wajib dicoba adalah Ayam Bakar Bu Lian. Ayam kampung bakar gurih nikmat ini juga jadi favorit Gubernur NTB. Bagaimana rasanya?

Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat menjadi sorotan karena hadirnya Sirkuit Mandalika yang beberapa waktu lalu menggelar perhelatan WSBK Indonesia 2021. Sirkuit Mandalika juga telah dijadwalkan akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP Indonesia 2022.

Tim detikcom berkesempatan mengunjungi Sirkuit Mandalika dalam rangkaian Toyota Corolla Cross Hybrid Road Trip Explore Mandalika (20/11). Tak hanya Sirkuit Mandalika yang mencuri perhatian, tapi juga kulinernya tak kalah memikat.

Ayam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTBAyam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTB Foto: Twitter Zulkiefliansyah

Kami mengunjungi salah satu warung makan di kawasan Mandalika yang menjadi favorit dari Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Adalah warung makan bernama Ayam Bakar Bu Lian yang lokasinya tepat berada di sebrang RS Internasional Mandalika.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menuliskan cuitan di Twitter (18/11), "Kalau ke Mandalika, ada yang lebih seru dari sekedar nonton WSBK. Singgah di Ayam Bakar Bu Lian depan Rumah Sakit Internasional Mandalika. Murah meriah dan enak sekali."

Penasaran dengan cita rasanya, kami pun mampir untuk mencicipinya ayam bakar yang dipromsikan lewat sosial media Gubernur NTB. Dari depan warung makan kami sudah disambut dengan ayam kampung berukuran utuh yang sedang dibakar menggunakan api arang dari batok kelapa.

Ayam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTBAyam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTB Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Baca Juga: Nonton WSBK 2021, Bisa Sambil Kulineran di Mandalika

Lian, selaku pemilik dari warung makan Ayam Bakar Bu Lian ini menjelaskan kalau Gubernur NTB Zulkieflimansyah memang sering berkunjung untuk menikmati ayam bakar.

"Pak Gubernur beberapa kali mampir ke sini. Awalnya istri pak Gubernur yang beli ayam bakar habis pulang dari rumah sakit. Nah nggak lama pak Gubernur sama rombongannya yang makan di sini," kata Lian kepada detikFood (22/11).

"Berkat pak Gubernur juga permintaan ayam bakar ini jadi meningkat. Adanya WSBK kemarin di sirkuit juga membantu kami sekali," tamnbahnya.

Kemudian Lian menjelaskan bumbu ayam bakarnya sangat sederhana. Tidak diungkep terlebih dahulu, melainkan berupa ayam kampung mentah yang diberikan olesan minyak goreng dan garam. Setelah seluruh permukaan ayam dibumbui secara merata, ayam kampung itu ditusuk menggunakan tusukan bambu berukuran besar dan dibakar.

Ayam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTBAyam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTB Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

"Bumbunya ga banyak. Kita ngga diungkep dulu, jadi ayamnya fresh mentah gitu. Terus tinggal diolesin bumbu. Bumbunya juga cuma garam sama minyak goreng," ungkap Lian.

Baca Juga: Arya Saloka 'Ikatan Cinta' Punya Bisnis Roti, Bayarnya Bisa Pakai Doa

"Walaupun bumbunya kayak gitu doang, tapi rasa gurihnya meresap. Cobain nanti ya, apalagi dicocol sambal terasi kami yang spesial di sini," sambung Lian.

Satu porsi ayam bakar racikan Bu Lian ini dibanderol harga Rp 60.000-an. Kalau makan di tempat seporsinya sudah disajikan dengan nasi, tahu dan tempe goreng, sambal terasi, dan sayur bening.

Ayam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTBAyam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTB Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Ayam bakarnya tipe yang kering dan polos tanpa olesan kecap. Karena menggunakan ayam kampung, tekstur luarnya memang agak keras, tapi untuk dagingnya cukup empuk.

Aroma bakarannya membuat daging ayam ini makin terasa nikmat. Benar saja, sensasi gurih menyerap sampai ke permukaan daging bagian dalam.

Sambal terasi tampil sangat menggoda. Wajib untuk mengucurkan air jeruk limau agar menghasilkan aroma yang sedap dan makin kaya rasa. Sambal terasi ini rasa pedasnya langsung menyengat.

Rasanya tak hanya pedas, tapi juga ada rasa gurih dan asam dari air jeruk limau. Cocok sekali jadi cocolan ayam bakar yang bumbunya sederhana ini.

Kalau kamu mengunjungi Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, NTB, jangan lupa untuk mampir mencicipi Ayam Bakar Bu Lian. Dijamin akan puas dengan cita rasanya yang sederhana tapi sedap.

Ayam Bakar Bu Lian

Sengkol, Pujut,
Lombok Tengah, NTB
No. telp: 081805762313

Baca Juga: 3 Sayuran Termahal di Dunia yang Bikin Kantong Jebol, Harga Sekilo Rp 16,2 Juta!



Simak Video "Berkendara dengan Toyota Corolla Cross Hybrid Mengunjungi Sirkuit Mandalika"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com