3 Sayuran Termahal di Dunia yang Bikin Kantong Jebol, Harga Sekilo Rp 16,2 Juta!

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 20 Des 2021 05:00 WIB
3 Sayuran Termahal di Dunia yang Bikin Kantong Jebol, Harga Sekilo Rp 16,2 Juta! Foto: Beer Maverick
Jakarta -

Sayuran identik dengan harganya yang murah, tapi tahukah kamu kalau ada beberapa jenis sayuran termahal di dunia? Harganya bahkan mencapai Rp 16,2 juta per kg!

Sayuran di Indonesia biasanya dijual tak lebih dari puluhan ribu rupiah per kilogram atau per kemasan. Sebut saja seikat bayam, seikat selada, sekantong kentang, hingga sekantong terung.

Meski harganya murah, sayuran tergolong makanan sehat kaya nutrisi. Mengonsumsi sayuran setiap haripun dianjurkan untuk mendapat banyak manfaat sehat.

Namun untuk tiga jenis sayuran ini sepertinya kamu tidak bisa mengonsumsinya sehari-hari. Bukan karena rasanya yang tidak enak atau kandungannya yang berbahaya, melainkan karena harganya yang mahal!

Dijamin bikin kantong jebol, harga sayuran termahal di dunia ini mencapai belasan juta rupiah per kilogram. Apa saja daftarnya?

1. Hop shoots (hop asparagus)

Sayuran ini mungkin kurang familiar untuk orang Indonesia, namun fakta mengenai hop shoots menarik diketahui. Bentuk sayuran ini seperti asparagus, namun sebenarnya masuk dalam keluarga cannabis.

Di Belgia dan Belanda, hop shoots dibanderol 1000 euro atau sekitar Rp 16,2 juta per kilogram! Harga mahal ini seolah membayar proses panen hop shoots yang terbilang sulit.

Hop shoots harus dipetik langsung dengan tangan. Bentuknya yang sangat kecil membuat sayuran ini sulit dicari. Hop shoots terkenal dengan manfaatnya untuk proses fermentasi. Bunganya juga dipakai sebagai zat penstabil dalam pembuatan bir dan juga dapat menambah aroma atau rasa pahit pada minuman beralkohol.

2. Kentang La Bonnotte

3 Sayuran Termahal di Dunia yang Bikin Kantong Jebol, Harga Sekilo Rp 16,2 Juta!3 Sayuran Termahal di Dunia yang Bikin Kantong Jebol, Harga Sekilo Rp 16,2 Juta! Foto: Taste Atlas

Di Indonesia kentang dijual dengan harga murah meriah, tapi berbeda dengan kentang eksklusif ini. Namanya kentang La Bonnotte yang harganya mencapai 500 euro (Rp 8,1 juta) per kilogram.

Kentang ini hanya ditanam di sebuah pulau kecil di Prancis. Tanah di pulau ini terkenal kaya mineral sehingga memberikan rasa kentang yang berbeda. Di Prancis, menu kentang ini hanya tersedia di restoran-restoran fine dining.

Harga kentang La Bonnotte mahal karena hasil panennya juga hanya 100 ton per tahun. Proses pengambilan kentang satu per satu menggunakan tangan dan hanya selama satu minggu saja.

3. White truffle

3 Sayuran Termahal di Dunia yang Bikin Kantong Jebol, Harga Sekilo Rp 16,2 Juta!3 Sayuran Termahal di Dunia yang Bikin Kantong Jebol, Harga Sekilo Rp 16,2 Juta! Foto: iStock

Bukan jamur tiram atau jamur enoki yang harganya terjangkau, jamur ini bakal bikin kantong jebol karena harganya selangit. White truffle adalah jenis jamur paling mahal di dunia dengan harga bisa mencapai USD 3000 (Rp 43 juta) per kilogram.

White truffle hanya tumbuh di beberapa wilayah di Italia dan Kroasia. Tumbuhnya juga di bawah tanah sehingga butuh bantuan anjing pengendus untuk menemukan lokasi white truffle. Aroma dan rasa khasnya yang begitu nikmat membuat banyak orang jatuh cinta dengan white truffle.



Simak Video "Bikin Laper: Cakalang Rica Suwir Pedas Khas Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com