ADVERTISEMENT

5 Kuliner Enak di Lombok-Mandalika yang Wajib Dicoba Marquez Cs

Yenny Mustika Sari - detikFood
Jumat, 11 Feb 2022 16:34 WIB
Nasi Balap Puyung Inaq Esun, Lombok.
Foto: Rachman_punyaFOTO
Jakarta -

Mandalika, Lombok, NTB disorot dunia karena menjadi tuan rumah MotoGP 2022. Tak hanya memiliki pemandangan indah, tapi kuliner Lombok-Mandalika terkenal lezat.

Perhelatan MotoGP 2022 akan berlangsung pada 6 Maret mendatang. Indonesia akan menjadi tuan rumah dengan Sirkuit Mandalika di Lombok, NTB yang menjadi kebanggan.

Tak sampai satu bulan lagi MotoGP akan berlangsung. Kehadiran para pembalap di Mandalika sedang menjadi sorotan.

Banyak di antara mereka yang mengaku jatuh hati pada Lombok karena pemandangannya yang indah. Tak hanya berada di hotel, tapi Marc Marquez dan pembalap lainnya mengunjungi pantai dan berinteraksi dengan warga lokal Lombok.

Marc Marquez dan pembalap lainnya juga wajib mencoba beragam kuliner lezat khas Lombok. Di antaranya ada Ayam Taliwang, Sate Rembiga, hingga Nasi Balap Puyung.

Berikut 5 kuliner enak Lombok-Mandalika yang wajib dicoba Marquez dan teman-teman:

1. Ayam Taliwang

Ayam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTBAyam Bakar Bu Lian Favorit Gubernur NTB Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Salah satu ciri khas kuliner khas Lombok yaitu bercita rasa pedas. Begitu juga dengan hidangan ayam bakarnya.

Namanya Ayam Taliwang yang berasal dari suatu daerah di Lombok bernama Desa Taliwang. Ayam Taliwang ini diolah dengan cara dibakar. Olesannya sederhana, ada yang hanya menggunakan garam dan minyak goreng saja.

Ada juga yang diberikan sambal super pedas dan dioleskan ke seluruh permukaan ayam bakar. Ayam Taliwang ini disajikan dengan plecing kangkung yag segar.

Di kawasan Mandalika ada rumah makan ayam bakar enak yang bisa dicoba. Namanya Ayam Bakar Bu Lian, tempat makan ini menjadi favorit Gubernur NTB dan tim detikFood juga telah membuktikan kelezatan rasanya.

Baca Juga: Gurih Pedas Ayam Bakar Bu Lian di Lombok yang Jadi Favorit Gubernur NTB

2. Sate Rembiga

Sate Rembiga Utama Bu Ririn LombokSate Rembiga Utama Bu Ririn Lombok Foto: Rachman_punyaFOTO

Sate di Indonesia ada beragam dan memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Seperti sate khas Lombok yang sangat populer adalah Sate Rembiga. Sate ini terbuat dari daging sapi yang sebelumnya dimarinasi dengan bumbu terlebih dahulu.

Setelah dilumuri bumbu dan dimarinasi beberapa saat, barulah sate dibakar di atas arang. Sate Rembiga di beberapa rumah makan yang populer hanya disajikan bersama lontong. Tanpa topping bumbu seperti kebanyakan sate khas Jawa.

Walau tidak menggunakan topping bumbu, rasa sate Rembiga tetap nikmat. Bumbu marinasinya meresap sampai ke dalam daging. Cita rasanya pedas manis.

Baca Juga: Sate Rembiga Utama Bu Ririn Populer Sejak Tahun 1989



Simak Video "Bikin Laper: Lembutnya Es Krim yang Lagi Viral di Kelapa Gading"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT